283 Nakes di TTS Siap Divaksin, Puskesmas Utus 3 Orang Ikut Pelatihan Vaksinator | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

283 Nakes di TTS Siap Divaksin, Puskesmas Utus 3 Orang Ikut Pelatihan Vaksinator


Kadis Kesehatan TTS, dr. Eirene Ate saat diwawancarai TIMEXKUPANG.com di ruang kerjanya, Selasa (5/1). (FOTO: INTHO HERISON TIHU/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

283 Nakes di TTS Siap Divaksin, Puskesmas Utus 3 Orang Ikut Pelatihan Vaksinator


SOE, TIMEXKUPANG.com-Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menyambut baik kedatangan vaksin Covid-19 di NTT. Sebagai bentuk dukungan terhadap upaya pencegahan penyebaran virus korona itu, Dinkes TTS telah mempersiapkan sebanyak 283 tenaga kesehatan (Nakes) yang menjadi prioritas utama penerima vaksin tahap pertama nanti.

“Jumlah tersebut merupakan 40 persen dari jumlah keseluruhan nakes yang akan menerima vaksin sebanyak 1.524 orang,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan TTS, dr. Eirene I. D. Ate ketika dikonfirmasi TIMEXKUPANG.com di ruang kerjanya, Selasa (5/1).

Menurut Eirene, segala persiapan telah disiapkan termasuk para tenaga medis yang akan bertugas sebagai pemberi vaksin atau vaksinator. Untuk tenaga vaksinator, katanya, setiap Puskesmas di TTS mengutus tiga orang
untuk mengikuti pelatihan secara virtual yang akan berlangsung pada 7 – 9 Januari 2021.

“Pelatihan vaksinasi melalu zoom meeting selama tiga hari. Kita utus dari setiap Puskesmas sebanyak tiga orang, yakni satu orang dokter, satu orang suster/perawat dan satu orang bidan,” ungkap dr. Eirene Ate.

Dokter Eirene mengatakan, secara total, sasaran penerima vaksin Covid-19 di TTS sesuai data berjumlah 257.353 orang. Tentu pemberian vaksin tidak dilakukan sekali, namun secara bertahap.

Tahap pertama sesuai kuota yang diberikan hanya khusus bagi nakes, dimana diberikan kepada 283 orang nakes (40 persen) dari total 1.524 orang nakes di TTS.

Dokter Eirene menyebutkan, nama-nama nakes yang akan menjadi vaksinator pun diseleksi terlebih dahulu dengan dibuatkan SK Kadis lalu dikirim ke Provinsi, selanjutnya dikirim ke Kemenkes lalu diseleksi. Nama-nama yang lolos seleksi itu akan dikirim kembali untuk mengikuti tahapan pelatihan berikut.

Dokter Eirene menambahkan, nakes yang akan di vaksin juga akan disesuaikan dengan nama-nama yang keluar. Bagi yang namanya keluar lebih dulu dilakukan vaksinasi tahap awal.

BACA JUGA: Barakuda, Petugas Bersenjata, sampai Intel Turut Berjaga Distribusi Vaksin Covid-19 ke Daerah

Vaksin Covid-19 ini juga, lanjut dr. Eirene, tidak disaran untuk para penderita penyakit bawaan seperti darah rendah, darah tinggi, auto imun dan ibu hamil. Selain itu vaksin ini hanya berlaku untuk penerima dengan usia antara 18 – 59 Tahun.

“Bagi nakes bisa melihat namanya di aplikasi peduli. Tetapi data terbaru belum ter-update. Semoga dalam waktu dekat sudah ada pembaruan atau update data nakes,” harapnya.

Dokter Eirene mengaku, pihaknya sudah sangat siap melakukan vaksin Covid-19 kepada nakes maupun warga TTS agar bisa terhindar dari ancaman virus berbahaya itu.

Menanggapi hal itu, Ketua DPRD TTS, Marcu Buana Mba’u menyampaikan apresiasi terhadap upaya pemerintah mulai dari tingkat pusat hingga daerah untuk melawan virus Covid-19.

Dikatakan, vaksin sudah tiba Kupang pagi tadi (5/1), dan akan di distribusikan ke Kabupaten/Kota. Untuk itu ia mengharapkan pemerintah dalam hal ini Dinas Kesehatan agar bisa memperhatikan setiap tahapan dan prosesnya agar vaksin ini bisa dilakukan secara baik.

“Kami sangat mengapresiasi dan mengharapkan kepada dinas teknis untuk memperhatiakn setiap tahapan dan proses vaksinnya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Harapan yang sama juga dikemukakan Wakil Ketua DPRD TTS, Yusuf Soru. Politikus PDI Perjuangan ini berharap nakes yang disiapkan untuk melakukan vaksinasi juga harus diseleksi secara baik agar semua proses bisa berjalan baik dan hasilnya sesuai harapan.

“Intinya Dinas Kesehatan harus mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan, dan karena itu persiapan-persiapan yang berhubungan dengan pelaksanaan vaksin agar di persiapkan secara baik,” tegas Yusuf. (mg29)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top