Manggarai dan Matim Belum Selesai Input Sasaran Penerima Vaksin Covid-19 | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Manggarai dan Matim Belum Selesai Input Sasaran Penerima Vaksin Covid-19


Kabid P2P Dinkes Matim, Regina Malon. (FOTO: FANSI RUNGGAT/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Manggarai dan Matim Belum Selesai Input Sasaran Penerima Vaksin Covid-19


BORONG, TIMEXKUPANG.com-Kabupaten Manggarai dan Manggarai Timur (Matim), belum mengetahui berapa banyak jatah dosis vaksin Covid-19 tahap pertama bagi tenaga kesehatan di dua wilayah itu. Pasalnya Dinas Kesehatan kdua kabupaten belum selesai menginput data sasaran penerima vaksin.

“Untuk Kabupaten Matim, sasaran penerima vaksin tahap pertama masih dalam proses penginputan data. Sehingga belum tahu berapa banyak jatah dosis vaksin Covid-19,” kata Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Matim, dr. Tintin melalui Kabid P2P, Regina Malon, kepada TIMEXKUPANG.com saat dihubungi melalui ponselnya, Senin (4/1).

Menurut Regina, vaksin Covid-19 akan didistribusikan dari Dinas Kesehatan Provinsi NTT. Jadwal tiba vaksin baru bisa diketahui setelah data sasaran penerima tersedia.

Meski belum tuntas penginputan, namun Regina memastikan semua tenaga kesehatan (Nakes) di Matim diprioritaskan menerima vaksin anti korona tersebut. Para nakes ini tersebar di 29 Puskesmas, Pustu, Poskesdes Polindes, dan RSUD Borong.

“Kami belum bisa target kapan mulai melaksanakan vaksin karena masih tunggu hasil input data sasaran. Termasuk proses distribusi dari Kupang ke Borong,” kata Regina Malon.

Regina juga menyebutkan bahwa Pemkab Matim telah menyiapkan 21 fasilitas kesehatan (Faskes) sebagai lokasi pelayanan vaksin Covid-19. Termasuk menyiapkan vaksinator atau orang yang akan melakukan vaksin. Dinas Matim, kata Regina, sudah bekerja sama dengan pihak BPJS untuk penggunaan aplikasi P. Care, dalam hal pelaporan hasil vaksinasi.

Plt. Kadis Kesehatan Manggarai, Nobertus Burhanus. (FOTO: FANSI RUNGGAT/TIMEX)

Sebagai persiapan, lanjut Regina, pada 7 – 13 Januari 2021 nanti, pihaknya akan melakukan pelatihan tenaga vaksinator secara virtual bersama Dinkes Provinsi NTT.

Setelah tenaga kesehatan, menurut Regina, sasaran vaksinasi Covid-19 berikut adalah personil TNI-Polri dan pejabat publik. Masyarakat umum menjadi prioritas ketiga.

“Semua jadwal dalam tahapan untuk sasaran vaksin Covid-19 sudah ditentukan. Termasuk nanti mencakup semua warga Matim, khususnya berusia 18 – 59 tahun dengan syarat harus sehat,” tutur Regina.

Hal yang sama dikemukakan Pelaksana tugas (Plt.) Kadis Kesehatan Manggarai, Nobertus Burhanus. Kepada TIMEXKUPANG.com melalui sambungan telepon, Senin (4/1), Nobertus mengaku belum mengetahui waktu pasti pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi tenaga kesehatan di Manggarai. Termasuk jatah jumlah dosis vaksinnya juga belum diekatahui. Ini karena pihak Dinkes Manggarai sementara melakukan proses input data.

Nobertus juga mengaku belum mengetahui secara pasti berapa jumlah tenaga kesehatan di Manggarai, baik dari RSUD, Puskesmas, Pustu dan Poskesdes.

“Apalagi untuk mendapatkan data riwayat kesehatan dari tenaga kesehatan yang tinggal di lokasi yang tidak ada sinyal internet cukup sulit. Sementara pihaknya harus memproses pendataan ini sesuai format yang disampaikan dari Kemenkes,” kata Nobertus yang juga Sekretaris Dinkes Manggarai ini. (Krf3)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top