Cegah Penyelundupan di Perbatasan, Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Lakukan Sweeping | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Cegah Penyelundupan di Perbatasan, Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Lakukan Sweeping


SWEEPING. Prajurit TNI dari Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Pos Napan Bawah saat melakukan sweeping di Desa Napan, Kecamatan Bikomi Utara, Rabu (6/1). (FOTO: ISTIMEWA)

PERISTIWA/CRIME

Cegah Penyelundupan di Perbatasan, Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Lakukan Sweeping


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Prajurit TNI dari Satgas Yonarmed 3/105 Tarik melakukan kegiatan sweeping di sepanjang garis perbatasan RI-RDTL, tepatnya di wilayah Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) yang berbatasan darat langsung dengan Distric Oecuse, Timor Leste.

Kegiatan tersebut dilakukan guna mencegah dan mengurangi terjadinya tindakan ilegal di wilayah perbatasan, khususnya aktifitas di jalur-jalur yang mungkin dijadikan akses masyarakat sekitar melakukan upaya penyelundupan.

Dansatgas Yonarmed 3/105 Tarik, Letkol Arm Laode Irwan Halim, kepada Timor Express, Rabu (6/1) mengatakan, pihaknya melakukan langkah ini setelah sebelumnya beberapa kali melakukan penangkapan/tindakan pengamanan.

“Dari beberapa penangkapan sebelumnya, Satgas masih menemukan adanya tindakan penyelundupan barang secara ilegal melalui perbatasan. Namun dari penangkapan tersebut, oknum pelaku tidak dapat ditemukan, sementara barang yang akan diselundupkan disembunyikan di semak-semak agar tidak terlihat petugas. Kegiatan penyelundupan ini sengaja dilakukan di jalur-jalur tidak resmi di sepanjang perbatasan sambil menunggu kelengahan Satgas,” Letkol Irwan.

Atas temuan tersebut, lanjut Letkol Irwan, pihaknya melakukan kegiatan sweeping di sepanjang garis perbatasan yang memungkinkan terjadinya penyelundupan barang ilegal, baik itu dari RDTL ke Wilayah Indonesia maupun sebaliknya.

“Dengan adanya beberapa upaya penyelundupan barang ilegal oleh oknum tidak bertanggung jawab yang berhasil digagalkan, maka Satgas menganggap perlu untuk meningkatkan kegiatan sweeping selama beberapa hari ke depan di jalur-jalur tikus yang berpotensi dimanfaatkan,” ujar Irwan.

BACA JUGA: Patroli Malam di Perbatasan, Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Temukan Benda Mencurigakan

BACA JUGA: Satgas Pamtas Serahkan Barbuk Hasil Galdup ke Bea Cukai

Irwan menambahkan, Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka mencegah terjadinya kegiatan penyelundupan barang secara ilegal seperti senjata tajam, senjata api, bahkan narkoba atau barang terlarang lainnya.

“Tentunya kalau barang tersebut dibawa ke jalur ini dengan cara disembunyikan maka sudah pasti ilegal karena ini jalur tidak resmi,” jelasnya.

Untuk itu, lanjutnya, Ia telah mengimbau kepada seluruh jajaran posnya agar selalu waspada dan tidak lengah, karena tidak dapat diketahui kapan oknum tersebut memulai aksinya.

Masyarakat, kata Irwan, juga diharapkan ikut terlibat dalam rangka menjaga keamanan perbatasan dengan melaporkan dan memberikan informasi sebanyak-banyaknya jika menemukan adanya kegiatan mencurigakan.

“Kegiatan sweeping ini akan kita tingkatkan dan dilakukan setiap saat. Kita berharap masyarakat pro aktif mendukung Satgas dalam menjaga kedaulatan NKRI di daerah perbatasan RI-RDTL,” pungkasnya. (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PERISTIWA/CRIME

To Top