Ini Daftar Daerah di Jawa-Bali yang Wajib Lakukan PSBM | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Ini Daftar Daerah di Jawa-Bali yang Wajib Lakukan PSBM


Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. (FOTO; Dery Ridwansah/JawaPos.com)

NASIONAL

Ini Daftar Daerah di Jawa-Bali yang Wajib Lakukan PSBM


JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Airlangga Hartarto memaparkan wilayah-wilayah di Pulau Jawa dan Bali yang diberlakukan pembatasan sosial berkskala mikro (PSBM). Pembatasan ini diputuskan pemerintah mulai dari 11-25 Januari 2021.

“Penerapan pembatasan mikro ini sesuai dengan arahan Bapak Presiden,” ujar Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (6/1).

Airlangga menuturkan, pembatasan kegiatan tersebut dilakukan merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21/2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam rangka percepatan penanganan Covid-19.

Ketua Umum Partai Golkar ini menambahkan, pembatasan untuk Pulau Jawa-Bali tersebut karena memenuhi kriteria yakni kematian nasional sebesar 3 persen. Kemudian tingkat kesembuhan di bawah 82 persen.

Selain itu untuk wilayah DKI Jakarta tingkat keterpakaian tempat tidur di rumah sakit yang ada di ibu kota sudah di atas 70 persen. “Jadi di DKI saja ratenya di atas 70 persen,” kata sosok yang juga Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian ini.

Nantinya, kata Airlangga, pemerintah akan terus melakukan evaluasi terkait pembatasan di Pulau Jawa-Bali tersebut. Pemerintah juga melakukan pengawasan ketat mengenai protokol kesehatan.

“Meningkatkan operasi yustisi yang dilaksankan Satpol PP dan unsur TNI. Jadi di Pulau Jawa dan Bali akan dimonitor secara ketat,” ungkapnya.

Adapun wilayah Pulau Jawa dan Bali yang akan diberlakukan pembatasan sosial berskala mikro adalah: DKI Jakarta. Kemudian di wilayah Jawa Barat adalah Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Cimahi.

Selanjutnya, untuk Provinsi Banten adalah Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Tangerang Selatan, dan Tangerang Raya.

Kemudian di Jawa Tengah ada Semarang Raya, Solo Raya, Banyumas Raya, Gunung Kidul, Sleman, dan Kulon Progo. Kemudian di DI Yogyakarta.

Berikutnya untuk Jawa Timur, PSBM ini meliputi Kota Malang dan Surabaya Raya. Sementara itu Provinsi Bali adalah Kota Denpasar dan Kabupaten Badung.

Airlangga kemudian menyebutkan daftar kegiatan yang terkena pembatasan. Diantaranya:

1. Membatasi tempat kerja dengan work from home 75 persen dengan melakukan protokol kesehatan secara ketat
2. Kegiatan belajar mengajar secara daring
3. Sektor esensial yang sudah diketahui bersama berkaitan dengan kebutuhan pokok masyarakat tetap beroperasi 100 persen dengan pengaturan tentu jam operasional, kapasitas, dan menjaga protokol kesehatan secara ketat

4. Melakukan pembatasan terhadap jam buka daripada kegiatan-kegiatan di pusat perbelanjaan sampai pukul 19.00 kemudian makan dan minum di tempat maksimal 25 persen dan pemesanan makanan melalaui take away atau delivery tetap diizinkan
5. Mengizinkan kegiatan konstruksi beroperasi 100 persen dengan penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat.

6. Mengizinkan tempat ibadah untuk melakukan pembatasan kapasitas sebesar 50 persen dengan penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat
7. Fasilitas umum dan kegiatan sosial budaya dihentikan sementara,
8. Kapasitas dan jam moda transportasi juga diatur. (jpc/jpg)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya NASIONAL

To Top