Dinkes Kota Pastikan Semua Nakes Dapat Vaksin Covid-19 | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Dinkes Kota Pastikan Semua Nakes Dapat Vaksin Covid-19


Vaksin Sinovac kiriman Biofarma Bandung yang tiba di Kupang, Selasa (5/1). Vaksin ini akan didistribusikan ke seluruh kabupaten/kota di NTT dengan sasaran vaksinasi pertama adalah para tenaga kesehatan. (FOTO: ISTIMEWA)

KABAR FLOBAMORATA

Dinkes Kota Pastikan Semua Nakes Dapat Vaksin Covid-19


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kupang menjamin bahwa semua tenaga kesehatan (Nakes) bakal mendapatkan vaksin Covid-19 yang saat ini sudah ada di Dinas Kesehatan Provinsi NTT. Pihak Dinkes Kota Kupang tengah menanti pendistribusiannya oleh Dinkes Provinsi ke masing-masing kabupaten/kota.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, drg. Retnowati, saat diwawancarai di ruang kerjanya, Selasa (5/1) menjelaskan, pelayanan vaksin nanti dilakukan disemua Puskesmas di Kota Kupang, RSUD S. K. Lerik, dan di Dinas Kesehatan melalui Laboratorium Kesehatan.

“Untuk pendistribusian vaksin, kita menunggu dari Dinas Kesehatan Provinsi. Kalau untuk Kota Kupang sendiri datanya sudah ada sebanyak 1.114 tenaga medis. Semua tenaga kesehatan sudah kami data, baik itu dokter, perawat, dan tenaga administrasi yang bekerja untuk Pemerintah Kota Kupang,” kata drg. Retnowati.

Dia mengaku, untuk Kota Kupang, vaksinnya akan disimpan di gudang farmasi di Kelurahan Oesapa yang selama ini juga digunakan mendapatkan vaksin.

Menurut drg. Retno, pemberian vaksin nanti disesuaikan dengan data yang telah diinput sebelumnya. Jadi tidak bisa dibagikan dengan tidak menggunakan data, karena setiap vaksin sudah tertera nama penerima sesuai dengan data yang dikirimkan oleh Dinas Kesehatan.

BACA JUGA: Dinkes Kota Usul 1.114 Nakes Jalani Vaksin Covid-19 Tahap Pertama

Sekretaris Komisi IV Ricard Odja menyambut baik upaya pemerintah. Pasalnya pelaksanaan vaksin lebih awal haruslah kepada para nakes, sebab merekelah yang berada paling depan untuk menangani semua pasien dengan keluhan sakit apapun.

“Vaksin ini akan menjadi alat baru atau tameng baru untuk menjaga kekebalan tubuh, dan mereka bisa terhindar dati segala macam virus,” ucapnya.

Ricard juga meminta masyarakat agar dapat mendukung dan mau divaksin apabila tiba gilirannya. Terus memegang teguh protokol kesehatan sehingga secara langsung ada keterlibatan menekan angka penyebaran wabah korona.

Politikus muda ini pun yakin dengan pelaksanaan vaksinasi, serta kesadaran kolektif dari masyarakat terhadap penerapan protokol pencegahan Covid-19, maka tahun ini pandemi Covid-19 ini bakal berlalu.

“Saya yakin Covid-19 ini akan berakhir di 2021, dengan ketentuan kita harus tumbuhkan rasa optimisme yang tinggi, masyarakat harus bersatu untuk bersama memberantas pandemi ini dengan taati protokol kesehatan,” kata legislator dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kecamatan Kota Raja ini. (mg25)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top