DPRD-Tim Satgas Sepakat Aktifkan Posko Covid-19 Oeperigi dan Eban | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

DPRD-Tim Satgas Sepakat Aktifkan Posko Covid-19 Oeperigi dan Eban


RDP. Anggota Komisi III dipimpin Ketua DPRD TTU, Hendrikus F. Bana dan Ketua Komisi III DPRD TTU, Therensius Lasakar menggelar RDP bersama Tim Satgas membahas polemik penarikan sejumlah personil yang selama ini bertugas di posko Covid-19 Oeperigi dan Eban, Senin (11/1). (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

DPRD-Tim Satgas Sepakat Aktifkan Posko Covid-19 Oeperigi dan Eban


Buka Juga Posko Baru Covid-19 di Oenopu

KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan dan Pencegahan Covid-19 bersama dinas teknis yang berlangsung di ruang rapat Komisi III DPRD setempat, Senin (11/1).

RDP itu dipimpin langsung Ketua DPRD TTU, Hendrikus Frederikus Bana, dihadiri Ketua Komisi III DPRD TTU, Therensius Lasakar bersama anggota. Mereka membahas sikap dan kebijakan pemerintah daerah menarik kembali sejumlah personil yang selama ini bertugas di posko Covid-19 Oeperigi dan Eban.

Hadir dalam RDP tersebut, Asisten Tata Praja dan Pemerintah, Joseph Kuabib, Kepala Dinas Kominfo, Kristoforus Ukat, Kepala Dinas Kesehatan, Thomas Laka, Plt. Direktur RSUD Kefamenanu, dr. Theresia A. J. Mulowato dan instansi terkait.

Ketua DPRD TTU, Hendrikus Frederikus Bana kepada Timor Express, Senin (11/1) mengatakan, persoalan pandemi Covid-19 merupakan bencana internasional yang melanda seluruh dunia tak terkecuali Kabupaten TTU.

Adapun upaya yang selama ini dilakukan pemerintah untuk melakukan penanganan dan pencegahan terhadap penyebaran Covid-19 dengan mengaktifkan posko Covid-19 Oeperigi yang terletak di Desa Oeperigi, Kecamatan Noemuti. Posko ini sebagai posko pintu masuk Kabupaten TTU yang berbatasan langsung Kabupaten TTS.

Namun, sejak awal Januari 2021, Pemkab TTU mengeluarkan kebijakan untuk menarik semua personil yang selama ini bertugas di posko tersebut dengan alasan penanganan tidak efektif. Kebijakan ini dinilai DPRD sangat melenceng jauh dan merugikan masyarakat.

BACA JUGA: Petugas Posko Covid-19 Oenopu Dapat Bantuan Sembako dari TNI-Polri

BACA JUGA: Dedikasi Tenaga Medis Melawan Covid-19 di Posko Oeperigi Batas TTU-TTS

“Sebagai wakil rakyat ketika melihat situasi ini tidak benar yang dilaksanakan pemerintah maka wajib hukumnya sesuai dengan amanah untuk kita tanyakan kepada pemerintah daerah,” kata Hendrikus.

Hendrikus menambahkan, sesuai penjelasan pemerintah, kebijakan penarikan sejumlah personil tersebut sebagai langkah awal untuk evaluasi guna mengetahui perkembangan penanganan dan pencegahan terhadap penyebaran Covid-19 oleh Tim Satgas.

Menurut Hendrikus, alasan tersebut dinilai tidak mendasar dan merugikan masyarakat banyak sehingga melalui RDP direkomendasikan untuk diaktifkan kembali posko Covid-19 Oeperigi dan Eban serta dibuka lagi posko Covid-19 baru di Oenopu yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Belu.

“Kita minta untuk aktifkan kembali dua posko itu ditambah posko Covid-19 Oenopu karena kasus Covid-19 di Kabupaten Belu trennya meningkat,” jelasnya.

Sementara, Juru Bicara Tim Satgas Covid-19 TTU, Kristoforus Ukat kepada Timor Express, Senin (11/1) mengatakan, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada DPRD yang telah melakukan fungsi kontrol terhadap kinerja kerja dari pemerintah daerah, khususnya penanganan kasus Covid-19 melalui RDP.

“Ada tiga poin yang direkomendasikan dalam RDP itu yakni pengaktifan kembali posko Covid-19 Oeperigi dan Eban serta buka lagi posko Covid-19 di Oenopu. Hasil kesepakatan ini akan kita tindaklanjuti demi kebaikan bersama masyarakat TTU,” katanya. (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top