Polres TTU Limpahkan 3 Berkas Perkara Korupsi Dana Desa Tautpah ke JPU | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Polres TTU Limpahkan 3 Berkas Perkara Korupsi Dana Desa Tautpah ke JPU


Kasat Reskrim Polres TTU, AKP. Sujud Alif Yulamlam. (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

PERISTIWA/CRIME

Polres TTU Limpahkan 3 Berkas Perkara Korupsi Dana Desa Tautpah ke JPU


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Penyidik Satreskrim Polres TTU akhirnya merampungkan penyidikan atas kasus dugaan korupsi pengelolaan dana desa di Desa Tautpah, Kecamatan Biboki Selatan tahun 2016 silam. Bahkan berkas perkara itu telah dilimpahkan ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari TTU untuk proses selanjutnya.

Kerja maraton pihak Kepolisian tersebut dibuktikan dengan pelimpahan tahap dua berkas perkara dari ketiga tersangka oleh penyidik ke JPU. Ketiga tersangka yang ditetapkan dalam kasus tersebut yakni, Kepala Desa Tautpah, Aloysius Neno Usboko, kontraktor pelaksana pembangunan jalan lingkungan tahun anggaran 2016 lalu, Yohanes Badj dan kontraktor pelaksana pengerjaan embung tahun anggaran 2016 lalu, Stefanus Bolaer.

Kasat Reskrim Polres TTU AKP Sujud Alif Yulamlam kepada Timor Express, Rabu (13/1) menjelaskan, hasil penyelidikan, pim penyidik Satreskrim Polres TTU menetapkan sebanyak tiga tersangka yang diduga menyelewengkan keuangan negara yang berakibat adanya kerugian. Ketiga tersangka yang diamankan tersebut pun memiliki peran yang berbeda.

“Kita sudah limpahkan ke JPU berkas perkara kasus dugaan korupsi pengelolaan dana desa di Desa Tautpah, Kecamatan Biboki Selatan pada tahun 2016 lalu bersama tiga tersangka yakni Aloysius Neno Usboko, Yohanes Badj, dan Stefanus Bolaer,” ungkap Sujud.

Sujud menambahkan, dengan pelimpahan berkas perkara ketiga tersangka tersebut, pihak Kepolisian telah menyerahkan wewenang sepenuhnya kepada pihak Kejaksaan untuk ditindaklanjuti secara hukum.

BACA JUGA: Kades Tautpah Jadi Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Dana Desa

Sujud menyebutkan, ketiga tersangka tersebut seharusnya menjadi tahanan JPU yang dititipkan di Rutan Kelas II Kefamenanu. Namun karena pandemi Covid-19, ketiga tersangka tersebut dititipkan di Tahanan Sel Mapolres TTU sampai dengan persidangan di Pengadilan Tipikor Kupang.

“Ketiga tersangka tetap ditahan di tahanan sel Mapolres TTU dengan status tahanan JPU yang dititipkan di pihak Kepolisian,” jelasnya.

Sementara, Kasi Pidsus Kejari TTU, Noven Bulan ketika dikonfirmasi Timor Express, Rabu (13/1) membenarkan pihaknya telah menerima berkas perkara tiga orang tersangka tersebut.

Dikatakan, pihaknya sementara menyiapkan dakwaan dari ketiga tersangka tersebut untuk didaftarkan ke Pengadilan Tipikor Kupang untuk proses persidangan.

“Kita sudah terima berkas perkara dan tiga tersangka kasus dugaan korupsi pengelolaan dana desa di Desa Tautpah, Kecamatan Biboki Selatan pada tahun 2016 silam. Kita sementara siapkan dakwaan untuk disidangkan,” jelasnya. (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PERISTIWA/CRIME

To Top