Demi Istri, Warga RDTL Lintasi Batas secara Ilegal, Ini yang Dilakukan Satgas Yonarmed 3/105 | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Demi Istri, Warga RDTL Lintasi Batas secara Ilegal, Ini yang Dilakukan Satgas Yonarmed 3/105


AMANKAN. Tim gabungan dari Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonarmed 3/105 Tarik bersama pihak Kepolisian dan Imigrasi saat mengamankan Mariano Gutteres (ketiga kanan), warga RDTL yang masuk wilayah Indonesia melalui jalur ilegal di Desa Humusu Wini, Kecamatan Insana Utara, Kamis (14/1). (FOTO: ISTIMEWA)

PERISTIWA/CRIME

Demi Istri, Warga RDTL Lintasi Batas secara Ilegal, Ini yang Dilakukan Satgas Yonarmed 3/105


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Prajurit TNI dari Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Pos Wini bersama pihak Kepolisian dan Imigrasi berhasil mengamankan seorang warga Republik Demokratic de Timor Leste (RDTL) lantaran melintasi batas negara secara ilegal, pada Kamis (14/1) siang. Warga Timor Leste yang diamankan di PLBN Wini ini adalah Mariano Gutteres.

Sesuai data yang dihimpun Timor Express, Mariano nekat melintasi batas negara secara ilegal lantaran ingin menemui sang istri yang merupakan Warga Negara Indonesia (WNI), yang beralamat di Desa Humusu Wini, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).

Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat, Yonarmed 3/105 Tarik, Letkol Arm Laode Irwan Halim, kepada Timor Express, Kamis (14/1) mengatakan, anggota yang bertugas di Pos Wini, dipimpin Lettu Arm Suhendri beserta Kapolsek Insana Utara, Kapospol Wini, Danpos Brimob dan Aparatur Desa mengamankan seorang warga asal Timor Leste yang melintasi batas NKRI-RDTL melalui jalur tidak resmi.

Warga Timor Leste tersebut terpaksa diamankan aparat lantaran melintasi batas negara secara ilegal tanpa dilengkapi dokumen resmi.

BACA JUGA: Cegah Penyelundupan di Perbatasan, Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Lakukan Sweeping

“Setelah diamankan, warga Timor Leste tersebut langsung diserahkan kepada pihak berwajib untuk ditindaklanjuti dengan melakukan interogasi awal. Apalagi, pasangan suami istri ini memiliki status kewarganegaraan yang berbeda,” jelas Irwan.

Dijelaskan, dari hasil interogasi awal oleh pihak TNI, diketahui bahwa selama ini Mariano sering melintasi batas negara secara resmi melalui PLBN sebelum adanya pandemi Covid-19 untuk menemui istrinya yang berkewarganegaraan Indonesia.

Namun, lanjut Irwan, setelah adanya virus korona, Timor Leste menutup pos perbatasan darat sehingga dirinya mengaku memberanikan diri untuk melintasi batas negara melalui jalur tidak resmi agar bisa masuk ke wilayah NKRI demi menemui istrinya.

“Karena ingin menemui istrinya maka Mariano nekat menerobos batas negara melalui jalan tikus. Sebelum pandemi Covid-19, Mariano sering keluar masuk untuk menemui istrinya,” jelasnya. (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PERISTIWA/CRIME

To Top