Bupati Agas Positif Covid-19 Penularan Transmisi Lokal | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Bupati Agas Positif Covid-19 Penularan Transmisi Lokal


Bupati Matim, Agas Andreas. (FOTO: FANSI RUNGGAT/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Bupati Agas Positif Covid-19 Penularan Transmisi Lokal


Isolasi Mandiri di Rujab Bupati

BORONG, TIMEXKUPANG.com-Bupati Manggarai Timur (Matim), Agas Andreas dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Karena secara fisik sehat, saat ini Bupati Agas menjalani isolasi di rumah jabatan (Rujab) bupati di Golo Lada, Kelurahan Rana Loba, Kecamatan Borong.

Kebenaran kabar Bupati Agas terpapar korona diungkapkan Juru Bicara (Jubir) Covid-19 Matim, Boni Sai, kepada TIMEXKUPANG.com melalui sambungan telepon, Senin (18/1) siang. Bupati Agas terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan Tes Cepat Molekuler (TCM) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Komodo, Manggarai Barat (Mabar).

“Hasil TCM ini kami terima hari ini, Senin (18/1). Hasil pemeriksaan swab Bupati Agas terkonfirmasi positif Covid-19 atau materi genetik Sar Cov-2 terdeteksi. Saat ini Bupati Agas menjalani isolasi di Rujab,” jelas Boni.

Dikatakan, Bupati Agas terpapar virus korona melalui penularan transmisi lokal. Sebelumnya, Sabtu (16/1) Bupati Agas menjalani pemeriksaan Covid-19 dengan metode rapid test antigen, dan hasilnya reaktif. Namun istri Bupati Agas, Theresia Wisang-Agas, keluarga, dan staf di Rujab Bupati dinyatakan negatif hasil rapid test antigen.

“Selama berapa pekan terakhir, Bupati tidak ada keluar daerah. Ini transmisi lokal dengan orang tanpa gejala (OTG). Bupati juga secara fisik sehat saja, tidak ada hal yang luar biasa,” jelas Boni.

BACA JUGA: Bupati Agas Reaktif Antigen, Jubir Covid-19: Semoga Negatif PCR

Dengan hasil ini, lanjut Boni, Satuan Tugas Covid-19 Matim akan melakukan tracking bagi yang dekat atau kontak erat dengan Bupati Matim.  Pemkab Matim mengharapkan dukungan doa dari semua pihak, agar Bupati cepat pulih dari virus ini. Pemerintah juga berharap agar seluruh masyarakat Matim taat dan tetap mengikuti protokol kesehatan dengan menjalankan 5M.

“Kita berharap semua pihak, harus mengijuti protokol kesehatan yang ada untuk terhindar dari virus ini, yakni dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan menghindari mobilitas yang tidak perlu,” pintanya.

Boni menambahkan, hingga sampai saat ini, total pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Matim berjumlah lima orang. Dari jumlah itu, satu orang sembuh dan empat lainnya masih dalam perawatan. Tiga orang rawat di shelter Pemkab Matim di Lehong, Desa Gurung Liwut, Kecamatan Borong, dan seorang menjalani isolasi di Rujab. Sementara yang reaktif antigen berjumlah 11 orang.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang diperoleh TIMEXKUPANG.com, pada Jumat (15/1) Bupati Agas melakukan kunjungan kerja ke Desa Poco Lia, Kecamatan Poco Ranaka. Disana Bupati Agas bersama anggota DPRD NTT, Yohanes Rumat meresmikan SMA Negeri 8 Poco Ranaka.

Saat itu hadir pimpinan OPD, pastor paroki setempat, pejabat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT, pejabat dari kecamatan, kepala desa dan perangkat desa setempat.

Hadir juga sejumlah guru dan murid, dan masyarakat setempat. Sehari sebelumnya, Kamis (14/1), Bupati Agas melakukan kunjungan ke wilayah Kecamatan Kota Komba. (Krf3)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top