7 Pegawai Reaktif Antigen, Pelayanan Disdukcapil Kota Tutup Sementara | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

7 Pegawai Reaktif Antigen, Pelayanan Disdukcapil Kota Tutup Sementara


RAPID ANTIGEN. Para pegawai kantor Disdukcapil Kota Kupang menjalani rapid test antigen, Selasa (19/1). Tampak Asisten I Setda Kota Kupang yang juga Plt Kadis Dukcapil, Agus Ririmase (kiri). (FOTO: FENTI ANIN/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

7 Pegawai Reaktif Antigen, Pelayanan Disdukcapil Kota Tutup Sementara


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kupang terpaksa ditutup sementara. Pasalnya terdapat tujuh orang pegawai di dinas itu dinyatakan reaktif hasil rapid antigen.

Hal ini diungkapkan Asisten I Setda Kota Kupang yang juga Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disdukcapil Kota Kupang, Agus Ririmase, saat diwawancarai di ruang kerjanya, Selasa (19/1).

Agus menjelaskan, beberapa waktu lalu, salah satu pegawai Disdukcapil Kota Kupang terkonfirmasi positif Covid-19. Atas dasar atau hasil itu terjadi kecemasan di lingkungan staf dan pegawai yang ada di dinas tersebut.

“Saya sebagai penanggung jawab atau pelaksana tugas berkoordinasi dengan kepala daerah dalam hal ini Wakil Walikota Kupang dan Sekretaris Daerah Kota Kupang untuk meminta semua pegawai melakukan rapid test antigen,” ungkapnya.

Koordinasi ini, kata Agus, mendapatkan respon yang baik dan Dinas Kesehatan melakukan rapid antigen pada Selasa (19/1). Seluruh pegawai Disdukcapil yang berjumlah 77 orang melakukan rapid test antigen.

“Dari hasil rapid antigen tersebut terkonfirmasi tujuh orang pegawai Dinas Dukcapil terkonfirmasi positif. Melihat hasil ini kami langsung meminta kepada tujuh orang tersebut untuk pulang ke rumah dan melakukan isolasi mandiri,” ujarnya.

Dikatakan, langkah selanjutnya akan dilakukan swab PCR untuk memastikan Apakah benar terkonfirmasi positif Covid-19 atau tidak. Dan mereka diminta agar mengikuti semua proses secara baik dan benar-benar mengikuti protokol kesehatan selama isolasi mandiri sampai dinyatakan sembuh untuk kembali melakukan pelayanan.

Melihat hasil ini, Agus mengaku dirinya langsung berkoordinasi dengan kepala daerah agar untuk sementara waktu pelayanan di Disdukcapil Kota Kupang ditutup sementara sampai Senin (25/1) pekan depan.

“Setiap harinya banyak masyarakat yang datang untuk mendapatkan pelayanan di Dinas Dukcapil Kota Kupang sehingga kantor itu harus benar-benar steril,” kata Agus yang menambahkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Satuan Brimobda NTT untuk membantu melakukan disinfektan di seluruh ruangan pada kantor Disdukcapil.

Agus juga mengimbau kepada seluruh staf dan pegawai yang bekerja aktif di Disdukcapil Kota Kupang untuk tetap menjaga kesehatan dan mengikuti protokol kesehatan Covid-19 serta tidak menganggap remeh ancaman virus ini.

Agus menyebutkan, sejak awal Covid-19 masuk Kota Kupang, pelayanan di Disdukcapil Kota Kupang tetap berjalan dengan mengatur sistem agar tidak berkerumun dan tidak mengumpulkan banyak orang.

“Tetapi karena sudah ada tujuh staf yang terkonfirmasi positif, maka langkah untuk menutup sementara pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Dukcapil Kota Kupang harus diambil agar masyarakat juga aman dan terhindar dari bahaya penularan Covid-19,” tegasnya.

Agus menuturkan, selama penutupan pelayanan di kantor Disdukcapi, semua staf diminta untuk meningkatkan kewaspadaan dan demi memastikan mereka semua sehat dan bebas dari paparan virus korona, berapa hari ini mereka dirumahkan sementara sampai Senin (28/1) nanti.

“Rencana disinfektan ruangan di kantor Dinas Dukcapi akan dilakukan pada Rabu (20/1) dan akan dilakukan beberapa hari agar kantor itu benar-benar steril dan aman untuk kembali melakukan pelayanan kepada masyarakat,” terangnya. (mg25)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top