DPRD TTS: Tempatkan Orang yang Tepat pada Tempat yang Pas | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

DPRD TTS: Tempatkan Orang yang Tepat pada Tempat yang Pas


Ketua DPRD TTS, , Marcu Buana Mbau. (FOTO: YOPI TAPENU/TIMEX)

POLITIK

DPRD TTS: Tempatkan Orang yang Tepat pada Tempat yang Pas


SOE, TIMEXKUPANG.com-DPRD TTS menyatakan mendukung langkah hukum yang telah dilakukan salah satu pejabat di Pemkab TTS yang melapor ke Polres TTS terkait dugaan kecurangan dalam proses seleksi pejabat tinggi pratama di daerah itu.

Ketua DPRD TTS, , Marcu Buana Mbau mengatakan, langkah yang dilakukan Kepala Bagian Unit Layanan Pengadaan (Kabag ULP), Otniel Tallo Tahun merupakan momentum memperbaiki tata birokrasi di Pemkab TTS juga agar dapat memberi efek jera pada pelaksanaan seleksi berikutnya.

“Dimata hukum semua sama. Tidak ada perbedaan jabatan maupun golongan sehingga kita secara kelembagaan mendukung proses hukum yang sudah ditempuh Pak Otniel Tahun. Terlepas terbukti atau tidak dugaan tersebut, itu tugas pihak kepolisian,” ujarnya kepada media ini di SoE, Rabu (20/1).

Marcu menambahkan, langkah hukum yang ditempuh Otniel Tahun juga sebagai upaya untuk memberikan pemahaman kepada pejabat lain agar tidak takut dengan pimpinan yang melakukan perbuatan yang salah. Tentu disesuaikan dengan aturan hukum yang berlaku.

Marcu mengaku, melihat track record pelapor dinilai sudah sangat layak menjabat pada jabatan Eselon II karena pengalaman dan golongan tidak diragukan lagi.

“Saya pernah menjadi anak buahnya Pak Otniel jadi saya paham benar kemampuannya. Ia sudah sangat layak baik secara pengalaman dan golongan menduduki jabatan kepala dinas,” nilai Marcu Mbau.

BACA JUGA: Otniel Tahun Beber Dugaan Kecurangan Seleksi Pejabat di TTS, Ketua Pansel Bungkam

Ditambahkan, kepada pemerintah dalam hal ini Bupati TTS, Egusem Pieter Tahun untuk menunda proses pelantikan hingga proses hukum terhadap dugaan kecurangan itu berkekuatan hukum tetap.

“Kami tidak mengintervensi hak prerogratif Bupati, namun alangkah baiknya menunda pelantikan agar ada kejelasan dari pihak kepolisian,” ungkapnya.

Wakil Ketua II DPRD TTS, Yusuf Soru menambahkan, ketika ada laporan tentu terdapat hal-hal yang tidak beres di Pansel. Maka disarankan menunggu proses hukum yang dilakukan penyidik Polres TTS.

“Ini dugaan kita seperti itu tinggal dibuktikan laporan polisi itu. Saran saya, bupati bisa mengevaluasi kinerja pansel,” tandas politikus PDIP itu.

Menurut Yusuf Soru, untuk membangun Kabupaten TTS, membutuhkan orang-orang yang tepat dan berada di posisi yang tepat pula sehingga dalam menjalankan tugas tidak asal-asalan.

“Untuk mewujudkan harapan kita untuk tempat orang yang tepat pada tempat yang pas ini kembali kepada Pak Bupati,” tandasnya.

Untuk diketahui, Kabag ULP Otniel Tallo Tahun melamar pada pansel untuk jabatan Kepala Dinas PUPR. Dirinya terpaksa mengambil langkah hukum karena terjadi dugaan kecurangan ketika proses seleksi itu berlangsung. (mg29)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top