Lantik Camat Kota Komba Utara, Ini Harapan Wabup Stef Jaghur | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Lantik Camat Kota Komba Utara, Ini Harapan Wabup Stef Jaghur


SEREMONI PELANTIKAN. Proses Pelantikan dan pengambilan sumpah janji Camat Kota Komba Utara oleh Wabup Matim, Stef Jaghur di salah satu ruang kelas SDK Watu Weri, Selasa (19/1). (FOTO: FANSI RUNGGAT/TIMEX)

PEMERINTAHAN

Lantik Camat Kota Komba Utara, Ini Harapan Wabup Stef Jaghur


Kecamatan Hasil Pemekaran

BORONG, TIMEXKUPANG.com-Wakil Bupati (Wabup) Manggarai Timur (Matim), Stef Jaghur, melantik Camat Kota Komba Utara, Nikolaus Tolentino Saka, Selasa (19/1) siang. Wilayah yang dipimpin Camat Nikolaus itu, merupakan hasil pemekaran dari Kecamatan Kota Komba.

Pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan pejabat administrator Camat Kota Komba Utara tersebut, tertuang dalam surat keputusan Bupati Matim bernomor BKPSDM. 821.2/I/2021. Acara pelantikan itu berlangsung di SDK Watu Weri, Desa Rana Mbeling.

Hadir dalam seremoni pelantikan itu, Wakil Ketua TP-PKK Matim, Aleksandrina Anggal, sejumlah anggota DPRD Matim, Staf Ahli Bupati, pimpinan OPD, Camat Kota Komba, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pendidikan, sejumlah kepala desa dan masyarakat setempat.

“Pelantikan hari ini merupakan legitimasi atas kompetensi yang dimiliki oleh saudara camat dalam rangka menjalankan tugas dan jabatannya ke depan,” ujar Wabup Stef Jaghur.

Menurutnya, kompetensi dan kinerja akan menjadi dasar yang ditetapkan dalam pengangkatan pada jabatannya sekarang. Tentu dituntut untuk lebih menunjukkan kualitas diri yang diwartakan dalam pelaksanaan tugas harian. Khususnya dalam tugas pelayanan yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat.

Wabup Jaghur menjelaskan, tugas jabatan yang diamanatkan kepada camat saat ini adalah sebuah kepercayaan dan kehormatan. Namun di sisi lain merupakan sebuah tantangan dan ujian bagi camat.

“Sehingga saya berharap sekaligus mengajak saudara camat, agar dapat melaksanakan amanah yang mulia ini dengan penuh ketulusan, kejujuran dan tak terbebani untuk mencapai cita-cita dan tujuan kita bersama dalam membangun Matim ke arah yang lebih baik dari hari kemarin,” harapnya.

Sebagai kecamatan baru, Wabup Jaghur sangat berharap agar dapat menjadi pioner pembangunan. Juga dapat melaksanakan fungsi dan tugas dengan sepenuh hati, serta lebih profesional. Ini agar cita-cita menjadikan masyarakat Matim yang sejahtera, berdaya, dan berbudaya dapat terwujud dengan baik.

Wabup Jaghur juga menekankan kepada camat agar senantiasa menjaga dan mempertahankan integritas, loyalitas, disiplin, komitmen terhadap tugas dan penuh tanggung jawab. Tetap menjaga netralitas PNS, sebagai aparatur dengan maksud menjamin terselenggaranya tugas-tugas kepemerintahan dan pelayanan terhadap masyarakat dengan sebaik-baiknya.

“Camat itu harus lebih peka dan responsif terhadap tantangan dan permasalahan baru yang timbul, baik dari luar maupun dari dalam organisasi. Camat Kota Komba Utara ini harus dapat menjadi garam dan terang, serta dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dengan sebaik-baiknya,” pesan Stef Jaghur.

Stef Jaghur menambahkan, semua pihak patut bersyukur kepada Tuhan karena melalui perjuangan yang sangat panjang, akhirnya terealisasi tiga wilayah kecamatan baru di Matim. Prosesnya bisa berjalan mulus dan lancar hingga dimekarkan. Tiga kecamatan baru itu, yakni Kecamatan Kota Komba Utara, Lamba Leda Utara, dan Kecamatan Congkar.

Warga masyarakat Kota Komba Utara, Samforianus Arifman, dalam kesempatan itu menyampaikan syukur dan terima kasih kepada Pemkab Matim atas pemekaran wilayah Kecamatan Kota Komba Utara dari induknya Kecamatan Kota Komba.

“Pemekaran ini salah satunya, untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Ini menjadi langkah yang sangat baik buat pembangunan masyarakat Matim ke depan, khususnya di Kota Komba Utara. Selama ini kalau kita ada urusan di kecamatan, harus menempuh perjalanan yang jauh,” kata Arifman.

Menurut Samforianus, masyarakat sangat merasa senang dan bahagia, ketika pemimpin untuk wilayah hasil pemekeran ini, sudah dilantik. Samforianus berharap, semoga dengan dilantiknya Camat Kota Komba Utara dapat lebih mendekatkan diri terhadap masyarakat. Khususnya dalam hal pelayanan. (Krf3)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PEMERINTAHAN

Populer

To Top