Dilantik dan Disumpah, Biden Pakai Dasi Biru, Harris Blazer Ungu | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Dilantik dan Disumpah, Biden Pakai Dasi Biru, Harris Blazer Ungu


RESMI PIMPIN AS. Presiden AS, Joe Biden dan istri (kanan) bersama Wapres Kamala Harris dan suami (kiri) melambaikan tangan usai seremoni pelantikan di US Capitol, Rabu (20/1) waktu AS. (FOTO: USNews.com)

POLITIK

Dilantik dan Disumpah, Biden Pakai Dasi Biru, Harris Blazer Ungu


WASHINGTON, TIMEXKUPANG.com-Amerika Serikat (AS) resmi memiliki presiden baru. Presiden terpilih Joe Biden hari Rabu (20/1) mengambil sumpah jabatan dan dilantik.

Biden tiba di US Capitol dan dilantik sebagai Presiden ke-46 Amerika Serikat. Ketua Mahkamah Agung John Roberts mengambil sumpah Biden yang tangan kirinya diletakkan di atas Alkitab keluarga yang dipegang sang istri, Jill Biden.

Biden bersama istrinya Jill Biden tiba di lokasi pelantikan dengan kompak mengenakan nuansa biru muda. Dasi Biden terlihat berwarna biru muda. Sementara sang istri, tampil dengan setelan biru muda. Keduanya kompak mengenakan masker dan mematuhi protokol kesehatan.

Sementara, wakil Biden, Kamala Harris membuat sejarah sebagai perempuan pertama dan kulit hitam pertama serta wakil presiden Asia Selatan pertama di AS. Harris hadir dalam balutan warna ungu.

“Kamala Harris mengenakan warna ungu, sesuatu yang cukup penting baginya. Ketika dia mencalonkan diri sebagai presiden, salah satu warna kampanyenya adalah ungu dan kuning. Itu adalah anggukan kepada Shirley Chisholm yang mencalonkan diri sebagai presiden sebagai wanita kulit hitam beberapa dekade lalu dan telah menginspirasi karir politiknya,” seperti laporan CNN.

Kamala Harris diharapkan untuk mengambil sumpah jabatannya dengan menggunakan dua Alkitab; satu yang sebelumnya milik mantan tetangga dan teman keluarga Harris, Regina Shelton, dan satu lagi milik Thurgood Marshall, orang Afrika-Amerika pertama yang bertugas di Mahkamah Agung, menurut ajudan Harris. Kamala dilantik oleh Hakim Agung Sonia Sotomayor.

Harris menggambarkan Shelton sebagai ibu kedua baginya. Dia dan adiknya Maya sering mengunjungi rumah Shelton sepulang sekolah. Harris menggunakan Alkitab Shelton untuk mengambil sumpah jabatan menjadi Jaksa Agung California dan kemudian menjadi senator Amerika Serikat.

Harris sering mengatakan bahwa Marshall adalah salah satu inspirasi untuk karier hukumnya dan menggambarkannya sebagai pahlawan masa kecilnya. Wakil presiden terpilih itu mengatakan dalam video yang diposting ke Twitter pada bulan Juli, Thurgood Marshall adalah satu alasan utama dia ingin menjadi pengacara. (jpc/jpg)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top