Tambah 26 Kasus Positif Baru, Sudah 43 Warga TTU Terpapar Covid-19 | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Tambah 26 Kasus Positif Baru, Sudah 43 Warga TTU Terpapar Covid-19


ILUSTRASI. Petugas pemakaman dari Tim Satgas Covid-19 TTU usai memakamkan salah satu pasien reaktif antigen asal Lurasik yang meninggal kemarin (22/1) di TPU Bijaesunan. (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Tambah 26 Kasus Positif Baru, Sudah 43 Warga TTU Terpapar Covid-19


Wilayah Puskesmas Sasi Catat Kasus Terbanyak

KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Jumlah kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) terus bertambah secara signifikan. Dari jumlah sebelumnya sebanyak 17 kasus, hari ini angkanya meningkat menjadi 43 kasus. Ini menyusul hasil swab PCR dari Laboratorium Biomolekuler RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang yang mengeluarkan hasil dimana TTU bertambah 26 kasus baru pasien terkonfirmasi positif korona.

“Sampai saat ini sudah 43 Kasus Covid-19 di Kabupaten TTU dari jumlah awal sebanyak 17 kasus. Ada penambahan 26 kasus hasil pemeriksaan sampel swab dari Laboratorium RSUD W. Z. Johannes Kupang yang dirilis pada 22 Januari 2021,” ungkap Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 TTU, Kristoforus Ukat kepada Timor Express, di Kefamenanu, Sabtu (23/1).

Kristoforus menambahkan, dari jumlah kasus positif Covid-19 tersebut, sebanyak 15 pasien menjalani karantina terpusat di Rusunawa BTN, Desa Naiola, Kecamatan Bikomi Selatan, sedangkan 17 pasien positif lainnya menjalani karantina mandiri. Sedangkan jumlah pasien sembuh sebanyak enam orang.

Kristoforus menyebutkan, dilihat dari klaster penularan kasus, jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 terbanyak dari klaster perbankan, klaster anak sekolah, klaster rumah tangga, dan pelaku perjalanan.

BACA JUGA: Pasien Reaktif Antigen Asal Lurasik Meninggal di RSUD Kefamenanu

BACA JUGA: Kasus Positif Covid-19 di TTU Naik Signifikan, Ini Total Pasien Terkonfirmasi

“Jadi secara total, hingga hari ini pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di TTU sebanyak 43 kasus. Sudah sembuh 6 pasien, saat ini 37 pasien masih menjalani perawatan intensif,” jelasnya.

Sementara untuk sebaran pasien terkonfirmasi positif Covid-19 sesuai wilayah layanan Puskesmas, terbanyak adalah wilayah Puskesmas Sasi dengan jumlah pasien sebanyak 24 orang. Menyusul Puskesmas Oelolok dengan 3 kasus, Puskesmas Napan (2 kasus), Puskesmas Lurasik (2 kasus), serta Puskesmas Manufui, Wini, dan Kaubele masing-masing satu kasus. “Untuk pasien terkonfirmasi positif Covid-19 karena kontak erat sebanyak tiga kasus dari wilayah pelayanan Puskesmas Sasi,” katanya.

Atas jumlah kasus Covid-19 yang meningkat secara signifikan itu, Kristoforus menyatakan bahwa Pemkab TTU mengimbau seluruh lapisan masyarakat untuk tetap waspada dengan terus menjalankan pola hidup sehat, menjaga jarak fisik dalam beraktivitas. Hindari kerumunan dan selalu membiasakan diri untuk mencuci tangan dengan sabun di air mengalir/menggunakan hand sanitizer dan wajib menggunakan masker jika beraktivitas di luar rumah.

“Bagi warga Kabupaten TTU yang baru pulang dari luar daerah terutama daerah zona merah agar melaporkan diri ke Posko Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten TTU atau melalui call center 0853-3382-8987 yang aktif 24 jam. Selanjutnya mengikuti arahan petugas termasuk mengisolasi diri. Lindungi diri, lindungi sesama,” tandasnya. (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top