Abaikan Surat Petahana, KPU Manggarai Tetapkan H2N jadi Bupati-Wabup Terpilih | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Abaikan Surat Petahana, KPU Manggarai Tetapkan H2N jadi Bupati-Wabup Terpilih


SATU TEKAD. Paslon Herybertus Nabit-Heribertus Ngabut usai pleno penetapan bupati-wabup di aula kantor KPU Manggarai, Sabtu (23/1). (FOTO: FANSI RUNGGAT/TIMEX)

POLITIK

Abaikan Surat Petahana, KPU Manggarai Tetapkan H2N jadi Bupati-Wabup Terpilih


Hery Nabit: Mari Bersatu Hadapi Tantangan Pandemi Covid-19

RUTENG, TIMEXKUPANG.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manggarai mengabaikan surat yang dikirim partai politik (parpol) pengusung pasangan calon (paslon) petahana, Deno Kamelus-Viktor Madur (DM) agar menunda penetapan paslon Bupati-Wakil Bupati (Wabup) Manggarai terpilih pada Pilkada 2020.

Penyelenggara pemilu yang dipimpin Thomas Aquino Hartono itu tetap melakukan pleno terbuka penetapan paslon Herybertus Nabit-Heribertus Ngabut (H2N) sebagai Bupati-Wabup terpilih dalam Pilkada Manggarai 2020. Paket H2N menang dengan memperolehan 103.827 suara.

Penetapan itu dilakukan dalam rapat pleno terbuka KPU Manggarai, di aula kantor KPU Manggarai, Kelurahan Pau, Kecamatan Langke Rembong, Sabtu (23/1) siang. Seluruh komisioner KPU Manggarai hadir dalam pleno itu.

Hadir dalam pleno itu, paslon H2N, ketua dan anggota Bawaslu Manggarai, Ketua KPU NTT, Thomas Dohu, pimpinan partai politik, tim pemenang, jajaran TNI dan Polri. Sementara paslon DM bersama timnya tidak hadir.

Sebagaimana diberitakan sebelum, paket DM melayangkan surat ke KPU Manggarai perihal permintaan penundaan penetapan calon bupati dan wabup Manggarai terpilih. Alasannya, paslon DM sedang mengajukan pengaduan atas dugaan pelanggaran etik oleh penyelenggara pilkada ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) di Jakarta pada Jumat (22/1).

Ketua KPU Manggarai, Hartono, dalam kesempatan itu menjelaskan pleno itu berdasarkan lampiran berita acara rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara model D KWK tingkat Kabupaten dalam Pilkada Manggarai tahun 2020. Hasil itu menempatkan paslon nomor urut 2, H2N memperoleh suara terbanyak 103.872 suara atau 60,66 persen dari keseluruhan total suara sah.

Sementara paslon nomor urut 1, DM, sebagai petahana memperoleh 67.354 suara atau 39,34 persen dari total suara sah. Berdasarkan hasil tersebut, KPU Manggarai perlu menetapkan pasangan terpilih sebagai dasar pengajuan, pengesahan, dan pengangkatan Bupati-Wabup Manggarai pada pejabat yang berwenang untuk mengangkat.

Thomas mengatakan, untuk Pilkada Manggarai, tidak ada pasangan yang mengajukan sengketa perselihan hasil pasca proses rekapitulasi dan penetapan hasil ke Mahkamah Konstitusi (MK). Karena itu KPU Manggarai mendapat perintah KPU RI untuk memberikan waktu penetapan dan segera menetapkan bagi calon Bupati-Wabup Manggarai terpilih hasil Pilkada 2020.

“Penetapan hari ini (23/1, Red) sudah sesuai dengan agenda dan proses berjenjang, mulai pendaftaran calon, pemungutan suara, rekapitulasi dan penetapan hasil sampai penetapan pasangan bupati dan wakil bupati terpilih,” jelas Thomas.

BACA JUGA: Petahana Minta Tunda Penetapan Bupati Manggarai, Begini Kata Ketua KPU

Thomas juga mengatakan bahwa jadwal pleno tidak ada hubungan dengan permintaan penundaan jadwal pleno dan laporan yang dilakukan paslon DM ke DKPP.

“KPU tidak tunduk pada permintaan, tapi sudah sesuai jadwal tahapan. Untuk proses hukum atau aduan ke DKPP, silakan dijalankan. Itu hak setiap warga negara untuk melaporkan dan dilaporkan. Kita siap bertanggung jawab terhadap seluruh kerja kelembagaan, termasuk membuktikan pemilihan 9 Desember 2020 lalu adalah pemilihan yang bermartabat, jujur, partisipatif, terbuka, imparsial, dan berkepastian hukum,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati terpilih, Herybertus Nabit, dalam kesempatan itu menyampaikan permohonan maaf atas segala kelemahan H2N selama proses Pilkada Manggarai. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada KPU dan Bawaslu, serta semua pihak yang telah menyelesaikan tugas dengan luar biasa.

Sebab, lanjut Herybertus, semua punya harapan yang sama untuk Manggarai yang lebih baik ke depan. Dia juga mengatakan, pihaknya tentu menyampaikan rasa terima kasih untuk masyarakat Manggarai, baik yang memilih atau tidak memilih pasangan H2N.

Hery meminta agar semua masyarakat Manggarai melepaskan semua yang berkaitan dengan perbedaan politik. “Kalau ada nomor 1 tentu ada nomor 2, itu hal yang biasa. Kita lepas semua itu untuk bersatu hari ini menjadi satu masyarakat Manggarai yang sama-sama menghadapi tantangan saat ini, yakni penyebaran Covid-19 yang semakin menakutkan,” kata Hery.

Hery mengatakan, paslon H2N bersama pimpinan partai politik pengusung dan pendukung, serta seluruh tim menyampaikan terima kasih yang tulus dan memberikan rasa hormat kepada paslon petahana nomor 1, Deno Kamelus-Viktor Madur (DM) beserta seluruh timnya.

“Karena kehadiran mereka berdua, maka kami bisa tampil lebih prima dalam pertandingan di Pilkada ini. Kami berhadapan dengan beliau berdua yang sudah berbuat banyak untuk Manggarai, maka kami dipacu untuk berpikir lebih baik, gagasan-gagasan yang lebih baik disepanjang perjalanan Pilkada maupun di hari-hari yang akan datang,” ungkap Hery.

Dia juga menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh masyarakat Manggarai yang telah mematuhi protokol kesehatan. Sehingga tidak ada klaster Pilkada Covid-19.

Herybertus menambahkan, meskipun belum dilantik menjadi bupati-wabup, mereka akan tetap konsen membantu pemerintah menghentikan laju penularan Covid-19. (Krf3)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top