Cegah DBD di Perbatasan, Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Lakukan Fogging | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Cegah DBD di Perbatasan, Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Lakukan Fogging


BERANTAS DBD. Tim dari Satgas Yonarmed 3/105 Tarik bersama aparat Pemdes Humusu Wini melakukan fogging di sejumlah fasilitas umum di desa itu, Sabtu (23/1). Salah satunya di rumah ibadah seperti tampak dalam gambar ini. (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Cegah DBD di Perbatasan, Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Lakukan Fogging


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-RDTL Sektor Barat Yonarmed 3/105 Tarik melakukan fogging di sejumlah fasilitas umum di Desa Humusu Wini, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU). Kegiatan ini sebagai upaya mencegah penyebaran wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) di daerah perbatasan.

Kegiatan fogging yang dilaksanakan Sabtu (23/1) tersebut merupakan kerja sama Satgas Yonarmed 3/105 Tarik dengan Pemerintah Desa (Pemdes) Humusu Wini.

Dansatgas Yonarmed 3/105 Tarik, Letkol Arm Laode Irwan Halim kepada Timor Express, Sabtu (23/1) mengatakan, memasuki musim penghujan, masyarakat harus waspada dengan berbagai macam penyakit, salah satunya DBD.

Hal ini dikarenakan tempat berkembang biak dan pertumbuhan larva nyamuk, seperti genangan air akan lebih banyak tersedia dimusim hujan. Bahayanya, akan muncul risiko wabah penyakit DBD yang disebabkan nyamuk aedes aegypti ini, sehingga kewaspadaan ini harus diingatkan sejak dini sebagai peringatan dan langkah pencegahan.

BACA JUGA: Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Beri Yankes Gratis Langsung ke Rumah Warga

Untuk itu, kata Irwan, Satgas Yonarmed 3/105 Tarik bekerjasama dengan Pemdes Humusu Wini melakukan fogging di sejumlah fasilitas umum di wilayah itu.

“Sasaran fogging kita arahkan ke fasilitas umum seperti tempat ibadah dan pasar karena tempat ini merupakan tujuan kebanyakan masyarakat pergi ke luar rumah. Di sekitar tempat tinggal kita disarankan untuk melakukan 5M, seperti menguras bak air, menutup rapat tempat penampungan air, mengganti air, mengubur barang bekas yang dapat menyebabkan genangan air serta menaburkan bubuk abate di genangan air yang sulit dikuras, sehingga dapat mencegah nyamuk ini bersarang dan berkembang biak,” tuturnya.

Sementara, Kepala Desa Humusu Wini, Alfridus Bana menyampaikan terima kasih kepada Satgas Yonarmed 3/105 Tarik yang telah menggelar kegiatan fogging di sejumlah fasilitas umum yang terdapat di desa itu.

“DBD di wilayah TTU sudah menjadi wabah yang menakutkan bagi masyarakat karena telah menimbulkan banyak korban. Kami berharap, semoga setelah di fogging, masyarakat di sini lebih nyaman beraktifitas dan tidak ada lagi yang terkena penyakit ini,” harap Alfridus. (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top