Curah Hujan Tak Menentu, Bencana Kekeringan Mengancam Masyarakat TTU | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Curah Hujan Tak Menentu, Bencana Kekeringan Mengancam Masyarakat TTU


Kepala BPBD Kabupaten TTU, Yosefina Lake. (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Curah Hujan Tak Menentu, Bencana Kekeringan Mengancam Masyarakat TTU


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Bencana Kekeringan masih menjadi ancaman serius bagi masyarakat Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) pada umumnya meskipun saat ini telah memasuki musim penghujan.

Rupanya, curah hujan yang tidak beraturan dan tak menentu ini menjadi pemicu utama bencana kekeringan tahun 2021.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten TTU, Yosefina Lake kepada Timor Express, Senin (25/1) mengatakan, sampai saat ini masyarakat berbagai desa di TTU masih memberikan laporan akan bencana kekeringan yang mereka dialami.

Sedangkan untuk bencana alam lainnya hingga saat ini belum ada laporan masyarakat bahkan belum terpantau tim BPBD TTU, baik itu longsor, banjir, dan bencana alam lainnya.

“Masyarakat hanya tetap kekurangan air bersih walaupun sudah musim penghujan. Sedangkan untuk kejadian bencana alam nihil, baik yang dipantau maupun laporan masyarakat,” ungkap Yosefina.

Yosefina menambahkan, untuk penanganan bencana kekeringan tahun ini, pihaknya belum memberikan bantuan lantaran terkendala pada ketersediaan anggaran yang belum disetujui pemimpin di daerah tersebut.

Untuk itu, kata Yosefina, pihaknya baru akan mendistribusikan bantuan air bersih kepada masyarakat apabila dokumen penggunaan anggaran telah disetujui Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes.

“Dokumen untuk anggaran belum ditandatangani oleh Bupati sehingga belum ada anggaran untuk penanganan bencana alam. Kalau anggaran sudah ada pasti kita bantu,” jelasnya. (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top