Hasil Swab, Wabup Matim Positif Covid-19, Kasus Terbanyak dari Kota Komba | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Hasil Swab, Wabup Matim Positif Covid-19, Kasus Terbanyak dari Kota Komba


Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Matim, Boni Sai. (FOTO: FANSI RUNGGAT/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Hasil Swab, Wabup Matim Positif Covid-19, Kasus Terbanyak dari Kota Komba


BORONG, TIMEXKUPANG.com-Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Boni Sai, mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan TCM sampel swab dari Laboratorium RSUD Komodo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Wakil Bupati (Wabup) Matim, Stef Jaghur dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

“Saat ini beliau melaksanakan isolasi mandiri di rumah jabatan Wabup di Golo Lada, Kelurahan Rana Loba, Kecamatan Borong. Termasuk Bupati Agas, isolasi di Rujab Bupati di Golo Lada,” kata Boni saat dikonfirmasi TIMEXKUPANG.com, Sabtu (23/1).

Sementara untuk tiga orang kepala dinas (Kadis), masing-masing Gasapar Nanggar, Frans Malas, dan Donatus Datur, termasuk dua orang anggota DPRD Matim, Salesius Medi dan Donatus Djematu, belum diperoleh hasil pemeriksaan PCR-nya. Sebelumnya mereka berlima dinyatakan positif berdasarkan pemeriksaan dengan alat rapid test antigen.

“Ada sejumlah orang yang positif antigen, sudah dilakukan swab untuk pemeriksaan PCR di Laboratorium RSUD Prof. Johanes Kupang. Termasuk tiga orang Kadis dan dua anggota DPRD Matim, belum bisa dikirim ke Kupang karena keterbatasan peralatan di Kupang. Kita masih menunggu informasi dari Kupang,” jelas Boni.

Sementara itu, Boni menyampaikan kabar gembira, dimana tiga orang pasien yang selama ini menjalani perawatan di shelter Pemkab Matim, sudah dinyatakan sembuh dan telah pulang ke rumah. Pasien itu merupakan seorang ibu dan bayinya (pasien 03) asal Elar, serta pasien 04 seorang ASN di lingkup Pemkab Matim.

“Pasien 02 dan 03 mereka menjalani karantina dan dirawat di shelter Pemda selama 48 hari. Terhitung mulai 5 Desember 2020 sampai 22 Januari 2021. Puji Tuhan Ibu dan bayi bisa pulang ke tengah keluarga di Elar,” ungkap Boni.

BACA JUGA: Wabup Matim, 3 Kadis dan Anggota DPRD Positif Rapid Antigen

Boni menambahkan, Pemkab Matim berharap kepada seluruh masyarakat agar tetap mengikuti protokol kesehatan, dan meminta dukungan doa agar semua pasien Covid-19 cepat pulih, terutama pandemi ini bisa cepat berlalu.

Kota Komba Kasus Terbanyak

Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Matim hingga akhir pekan lalu berjumlah 16 orang. Termasuk Bupati Agas Andreas dan Wabup Stef Jaghur. Dari jumlah kasus itu, terbanyak dari wilayah Kecamatan Kota Komba.

Dari jumlah pasien terkonfirmasi Covid-19 di Matim, sebanyak 10 pasien menjalani isolasi di shelter Pemkab Matim di Lehong, Desa Gurung, Liwut, Kecamatan Borong. Sementara dua orang, yakni Bupati Andreas Agas dan Wabup Stef Jaghur menjalani isolasi di rumah jabatan (Rujab) masing-masing. Sedangkan empat orang pasien lainnya sudah sembuh.

“Untuk 10 orang pasien yang masih karantina di shelter, terbanyak dari wilayah Kecamatan Kota Komba. Kita berdoa supaya tidak mengjangkiti orang lain,” kata Kadis Kesehatan Matim, dr. Tintin Surip melalui Kepala Bidang P2P, Regina Malon kepada TIMEXKUPANG.com, Jumat (22/1).

Regina menyebutkan, pasien yang dari wilayah Kecamatan Kota Komba itu berjumlah 6 orang, yakni MN, warga Desa Rongga Koe, EAA (Watung Ngene), DN dari Desa Lembur, MFK dari Desa Lembur, RFB dari Desa Lembur, dan RJ dari Desa Komba. Sementara kecamatan Borong terhitung sebanyak 3 orang.

Ketiga pasien Covid-19 itu berdomisili di wilayah Kota Borong. Mereka masing-masing, PGS dari Keluarahan Kota Ndora, YOD dari Kelurahan Rana Loba, dan PGJ pegawai BUMD berdomisi di Borong. Sementara satu orang pasien, MN, pastor di Paroki Sita, Kecamatan Rana Mese.

“Empat orang pasien yang sudah sembuh itu, satu dari kecamatan Lamba Leda, dua dari Kecamatan Elar, dan satu orang dari Kecamatan Borong. Pasien 02 dan 03, ibu dan bayinya, itu dari desa Paan Waru, Kecamatan Elar,” kata Regina. (Krf3)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top