TNI-Polri dan Satpol PP Operasi Prokes, Warga Tanpa Masker Disanksi Push Up | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

TNI-Polri dan Satpol PP Operasi Prokes, Warga Tanpa Masker Disanksi Push Up


SANKSI PUSH UP. Tim keamanan gabungan sementara memberikan saksi push up bagi pengunjung pasar yang tidak menggunakan masker, Selasa (26/1). (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

TNI-Polri dan Satpol PP Operasi Prokes, Warga Tanpa Masker Disanksi Push Up


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Personil gabungan yang terdiri dari Kodim 1618/TTU, Polres TTU, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) kembali melakukan operasi disiplin Penerapan protokol kesehatan (Prokes) di sejumlah titik yang menjadi pusat keramaian di Kota Kefamananu, Selasa (26/1).

Operasi tersebut bertujuan menegakan disiplin prokes agar masyarakat TTU tertib dan terhindar dari penyebaran Covid-19. Bagi masyarakat yang melanggar Prokes, misalnya tidak pakai masker diberikan sanksi push up.

Terpantau Timor Express, sasaran pelaksanaan operasi penegakkan disiplin penerapan prokes personil gabungan itu menyasar Terminal Bus Kefamenanu dan pasar rakyat.

Dalam operasi tersebut, apabila terdapat masyarakat yang tidak menggunakan masker khusus untuk laki-laki kaum muda, ditindak dengan hukuman push up sebanyak 10 kali. Sedangkan untuk perempuan dan lanjut usia diberikan peringatan untuk tetap menggunakan masker bila beraktifitas di luar rumah.

Dandim 1618/TTU Letkol Arm Roni Junaidi kepada Timor Express, Selasa (26/1) mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan lintas sektor terutama pihak kepolisian juga Pemkab TTU guna melakukan penertiban penerapan prokes di wilayah itu, khususnya Kota Kefamenanu.

Dikatakan, operasi disiplin penerapan prokes yang dilakukan di Terminal Bus Kefamenanu dan pasar rakyat merupakan tindak lanjut dari operasi sebelumnya, dimana tim menemukan banyak warga yang belum taat akan protokol kesehatan dengan tidak menggunakan masker saat beraktifitas di luar rumah.

BACA JUGA: Tegakkan Disiplin Prokes Covid-19, Dandim TTU: Tak Pakai Masker Sanksi Push Up 10 Kali

BACA JUGA: Tak Patuhi Protokol Kesehatan, Warga Wewewa Dihukum Push Up

“Banyak yang tidak memakai masker dan masih ada kerumunan. Kita berharap dinas teknis juga bisa pro aktif dalam menerapkan protokol kesehatan di terminal bus Kefamenanu dan pasar rakyat tersebut yang menjadi pusat aktifitas masyarakat banyak di Kota Kefamenanu,” tandas Roni.

Atas temuan tersebut, kata Roni, pihaknya kemudian memberikan hukuman yang bersifat teguran dimana yang tidak memakai masker diminta untuk membeli masker dan mamakainya serta memberikan tindakan fisik berupa push up 10 kali bagi remaja/pemuda khususnya laki-laki.

Sedangkan sanksi untuk perempuan atau lanjut usia dan orang tua, terang Roni, berupa teguran dan peringatan untuk tetap menggunakan masker bila beraktifitas di luar rumah.

“Kita minta kerja sama yang baik dari masyarakat untuk tetap menaati protokol kesehatan dengan menggunakan masker bila beraktifitas di luar rumah,” tegasnya.

Sementara, Kapolres TTU AKBP Nelson Filipe Diaz Quintas mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah personil yang bergabung bersama dengan personil keamanan dari Kodim 1618/TTU dan Satpol PP TTU untuk menegakkan penerapan prokes.

“Kita akan terus bekerja sama dengan TNI dan Satpol PP untuk menegakkan penerapan protokol kesehatan ketika beraktifitas di luar rumah. Kita ingin masyarakat TTU sadar akan penerapan protokol kesehatan sehingga bisa terhindar dari serangan virus korona,” pungkasnya. (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top