30 Karyawan PT. MAN Terkonfirmasi Positif Covid-19, Dinkes Lakukan Langkah Ini | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

30 Karyawan PT. MAN Terkonfirmasi Positif Covid-19, Dinkes Lakukan Langkah Ini


Jubir Satgas Covid-19 Bidang Kesehatan Sikka, dr. Clara Sosefa Francis. (FOTO: KAREL PANDU/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

30 Karyawan PT. MAN Terkonfirmasi Positif Covid-19, Dinkes Lakukan Langkah Ini


MAUMERE, TIMEXKUPANG.com-Sebanyak 30 karyawan PT. MAN yang bekerja di pembangkit listrik tenaga minyak dan gas (PLT MG) Wairita, Desa Hoder, Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka, dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Ini sesuai hasil pemeriksaan sampel swab PCR di Laboratorium Kesehatan Surabaya.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Bidang Kesehatan Sikka, dr. Clara Sosefa Francis di Maumere, Selasa (26/1), menjelaskan, total karyawan PT. MAN yang melakukan pemeriksaan mandiri swab PCR sebanyak 59 orang. Sampel swabnya kemudian dikirim ke Laboratorium di Surabaya. Dari hasil pemeriksaan swab PCR itu, diketahui 30 karyawan terkonfirmasi positif Covid-19.

“Pengambilan sampel swab itu tanggal 19 Januari, dan kemarin 25 Januari keluar hasil swabnya, dan diinformasikan kepada kami. Kemudian kami berkordinasi dengan Puskesmas Waigete sesuai wilayahnya untuk bisa melakukan tracing lebih lanjut,” ungkap dr. Clara.

Dokter Clara menyebutkan, 30 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu pada umumnya tanpa gejala sehingga mereka ini diedukaksi untuk menjalanai karantina terpusat di PLT-MG Wairita.

Dokter Clara mengatakan, Rabu hari ini (27/1), tim Dinkes dan Puskesmas Waigete akan melakukan beberapa lengkah penanganan. Diantaranya melakukan tracing kontak erat di lokasi PLT MG Wairita. Saat tracing kontak erat itu, kata dr. Clara, tim akan melakukan penyelidikan epidemologi kemudian menilai kontak seperti apa agar dapat segera ditindaklanjuti.

“Kalau mereka terpusat maka tracing kontak erat memudahkan kita dan bisa sehari. Kalau tersebar maka bisa lebih dari dua hari,” ujarnya.

Lantaran meningkatnya warga yang terkonfirmasi positif, kata dr. Clara, warga diimbau untuk tetap menaati protokol kesehatan. “Saat ini masih banyak warga yang tidak menggunakan masker, banyak warga masih sering berkumpul, masih ada yang berpesta ria tanpa mengindahkan prokes. Ini sangat potensial terjadinya transmisi lokal. Kita akan panen kasus jika tidak taat prokes,” katanya mengingatkan. (Kr5)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top