Kadis PMD Ronda Pastikan Logistik Pilkades Aman untuk Hitung Ulang | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Kadis PMD Ronda Pastikan Logistik Pilkades Aman untuk Hitung Ulang


Kepala Dinas PMD Rote Ndao, Yames M. K. Therik, memberi keterangan, terhadap kondisi logistik untuk empat desa yang melakukan penghitungan ulang surat suara, saat dikonfirmasi Timor Express, kemarin (29/1). (FOTO: Max Saleky/TIMEX)

PEMERINTAHAN

Kadis PMD Ronda Pastikan Logistik Pilkades Aman untuk Hitung Ulang


BA’A, TIMEXKUPANG.com-Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Rote Ndao, Yames M. K. Therik, SH, memastikan semua logistik hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) pada Desember 2020 lalu masih tetap aman. Semua logistik saat ini masih tersimpan di aula Dinas PMD Rote Ndao.

Kepastian tersebut diungkapkan Yames, menyusul salah satu opsi yang direkomendasikan pihaknya, diputuskan Bupati untuk digunakan dalam menyelesaikan sengketa Pilkades. Opsi tersebut adalah penghitungan ulang surat suara di empat desa pada Sabtu (30/1). Empat desa itu yakni, Pilasue, Daleholu, Daiama, dan Desa Oenggae.

“Besok (Hari ini, Sabtu, 30/1, Red) akan kami lakukan penghitungan ulang di Dinas PMD,” kata Yames kepada Timor Express, usai mendampingi Bupati Rote Ndao, mengumumkan putusan terhadap 28 sengketa Pilkades, di ruang Tim Bupati untuk Percepatan Pembangunan (TUPP), Jumat (29/1).

Menurutnya, teknis pelaksanaan opsi tersebut dilakukan dalam dua sesi. Masing-masing sesi dilakukan untuk dua desa, dengan hanya menghadirkan pihak-pihak yang bersengketa.

Sesuai jadwal yang telah ditetapkan, kata Yames, dimulai pada pukul, 08.30 wita untuk Desa Daleholu dan Pilasue. Kemudian dilanjutkan dengan perhitungan suara ulang untuk Desa Oenggae dan Daiama pukul 12.30 wita.

“Karena di masa pandemi Covid-19, sehingga kami harus bagi menjadi dua sesi. Begitu juga terhadap pembatasan massa, tidak diperkenankan untuk dibawa saat penghitungan ulang dilakukan,” tegas Yames.

Sebelumnya, opsi penghitungan ulang surat suara ini, mendapat beragam tanggapan, termasuk dari lembaga legislatif. Terdapat anggapan yang begitu meragukan terhadap hasil Pilkades yang akan dihitung ulang untuk empat desa tersebut.

Namun demikian, tetap saja, masih ada pihak yang mendukung. Bahkan, pihak yang mendukung pun berasal dari lembaga DPRD, dengan tidak menyoalkan pengamanan logistik Pilkades, yang disimpan di aula Dinas PMD.

BACA JUGA: Bupati Ronda Putuskan 28 Sengketa Pilkades, 4 Hitung Ulang, 2 Pemilihan Ulang Tahun 2022

Sebagaimana yang disampaikan, Denyson Mooy, ST, Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Denyson, malah tidak memfokuskan terhadap pengamanan logistik usai Pilkades.

Karena menurutnya, penyelesaian sengketa, lebih diutamakan oleh Dinas PMD, usai melakukan klarifikasi. Sehingga persoalanya tidak menjadi polemik di tengah masyarakat.

“Tidak menjadi soal untuk pengamanan logistik usai Pilkades. Karena semua juga sudah tahu hasilnya. Tinggal bagaimana dinas teknis bisa selesaikan sengketa yang ada,” kata Denyson Mooy, kepada Timor Express, belum lama ini.

Menanggapi adanya keraguan terhadap logistik yang tersimpan, Kadis PMD Yames Therik memastikan tetap aman untuk dilakukan penghitungan ulang. Kondisi saat dibawa dari Tempat Pemungutan Suara (TPS), sebut Yames, masih tetap terjaga dengan posisi yang tidak berubah.

Selain tersimpan aman, semua logistik tersebut dalam keadaan tersegel, sebelum dibawa untuk diamankan. Dan selama tersimpan, tidak ada akses siapapun di dalam ruang tempat penyimpanan logistik Pilkades.

“Kondisi kotak suara saat dibawa dan disimpan, setelah Pilkades, masih belum berubah, dengan kondisi tersegel dan masih utuh,” jamin Yames.

Terhadap segel, Yames mengaku disegel sendiri oleh panitia Pilkades di tingkat desa. Sehingga kondisi segel sewaktu dibawa, dipastikan tetap aman karena tidak ada akses siapapun di ruang tempat penyimpanan logistik.

Bahkan, terhadap adanya keraguan keamanan logistik yang disimpan di Dinas PMD, Yames menegaskan bahwa ia mempertaruhakan integritas yang dimiliki, yakni integritas dari panitia Pilkades tingkat kabupaten.

“Integritas sebagai panitia tingkat Kabupaten, kami pertaruhkan. Karena sedikitpun tidak ingin merusak atau mengambil keuntungan dari sengketa Pilkades,” tandasnya. (mg32)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PEMERINTAHAN

To Top