Matim Terima 2.920 Dosis Vaksin Covid-19, Manggarai Jemput 4.320 Dosis | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Matim Terima 2.920 Dosis Vaksin Covid-19, Manggarai Jemput 4.320 Dosis


Kabid P2P Dinas Kesehatan Matim, Regina Malon. (FOTO: FANSI RUNGGAT/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Matim Terima 2.920 Dosis Vaksin Covid-19, Manggarai Jemput 4.320 Dosis


BORONG, TIMEXKUPANG.com-Sebanyak 2.920 dosis vaksin Covid-19 produksi Sinovac Tiongkok yang dikirim dari Dinas Kesehatan Provinsi NTT sudah tiba di Gudang Farmasi Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Jumat (29/1). Selanjutnya, vaksin tersebut akan disebar ke 21 Puskesmas di wilayah itu.

“Untuk vaksin Covid-19 tahap pertama ini kita sudah terima 2.920 dosis. Sementara untuk logistik lain yang berhubungan dengan kegiatan vaksin, itu menyusul,” ujar Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Matim, dr. Tintin Surip melalui Kepala Bidang (Kabid) P2P, Regina Malon, kepada Timor Express per telepon, Sabtu (30/1).

Menurut Regina, logistik lain yang dikirim menyusul yakni ADS, Safety Box, paket APD, dan alkohol swab. Setelah semua logistik itu tiba di Matim, kata Regina, baru dijadwalka launching pemberian vaksin untuk 10 orang pejabat publik di Kabupaten Matim dilanjutkan dengan penyuntikan vaksin untuk tenaga kesehatan (Nakes).

“Vaksin tahap pertama ini jatahnya untuk 1.445 tenaga kesehatan dan 10 pejabat di Matim. Setelah launching untuk 10 pejabat, baru berikutnya kita mulai penyuntikan untuk seluruh nakes yang ada,” kata Regina.

Terkait siapa saja 10 pejabat yang divaksin tahap pertama, Regina mengaku, disesuaikan dengan surat dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Pelaksanaan vaksinasi berlangsung di 21 Puskesmas yang sudah ditentukan.

BACA JUGA: Sukses Vaksinasi, Pemda Dijanjikan Dana Insentif Tambahan

“Untuk tenaga vaksinator disiapkan 82 orang, dan semuanya sudah mengikuti pelatihan. Mereka terdiri dari 2 orang dokter, 60 orang tenaga perawat, dan 20 orang bidan. Kegiatan vaksin terakhir nantinya untuk masyarakat umum. Tapi kita belum tahu data sasaranya,” ujar Regina.

Plt. Kadis Kesehatan Manggarai, Nobertus Burhanus. (FOTO: FANSI RUNGGAT/TIMEX)

Sementara Plt. Kadis Kesehatan Manggarai, Nobertus Burhanus, kepada TIMEXKUPANG.com saat dihubungi ke ponselnya, Sabtu (30/1) menjelaskan, sesuai surat dari Kemenkes Nomor: SR.02.06/11/80/2021 tertanggal 8 Januari 2021, alokasi vaksin Covid-19 untuk kabupaten Manggarai tahap pertama sebanyak 4.320 dosis.

“Kemarin, Jumat (29/1) petugas kami sudah berangkat ke Kupang untuk mengambil vaksin covid-19 tahap pertama. Kalau tidak ada halangan vaksin ini tiba di Manggarai Minggu (31/1) melalui Bandara Komodo-Labuan Bajo, kabupaten Manggarai Barat,” ungkap Burhanus.

Terkait jadwal pelaksanaan vaksin, Burhanus mengaku, sesuai rencana, Selasa (2/2) pihaknya melakukan rapat internal di Dinas Kesehatan untuk membahas khusus persiapan vaksinasi. Seperti tenaga, tempat, dan hal teknis lainnya. “Hasil rapat internal itu akan dilaporkan ke Bupati atau gugus tugas untuk penentuan jadwal vaksinasinya,” kata Burhanus.

Setelah rapat internal, lanjut Burhanus, pihaknya melaporkan ke Bupati Deno Kamelus. Nanti Bupati yang menentukan tanggal vaksinasi.

“Mengacu kepada surat Kemenkes, untuk meningkatkan kepercayaan publik akan keamanan dan kehalalan vaksin, pelaksanaan vaksin didahului dengan pemberian kepada 10 orang pimpinan dan tokoh daerah, seperti Bupati, Kapolres, Dandim, Pimpinan DPRD, tokoh agama, Direktur RSUD, Ketua IDI, Kadis Kesehatan, dan tokoh lainya,” beber Burhanus.

Terkait tenaga vaksinator, seluruhnya ada sebanyak 143 orang. Dimana dari 33 Puskesmas yang ada sebagai pelaksana kegiatan vaksin, masing-masing sebanyak 6 orang tenaga. Ditambah 5 orang dari Dinkes NTT. Nama-nama dari vaksinator itu sudah dikirim ke Kemenkes RI di Jakarta. (Krf3)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top