Tanam Air, Warga RT 17 Kelurahan Oebufu Buat 4 Lubang Resapan | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Tanam Air, Warga RT 17 Kelurahan Oebufu Buat 4 Lubang Resapan


LUBANG RESAPAN. Silvester Hello menunjukan salah satu lubang resapan yang ia buat di halaman rumahnya. Gambar diabadikan, Kamis (28/1). (FOTO: ISTIMEWA)

KABAR FLOBAMORATA

Tanam Air, Warga RT 17 Kelurahan Oebufu Buat 4 Lubang Resapan


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Curah hujan yang turun dengan intensitas ringan hingga lebat di Kota Kupang dan sekitarnya mengakibatkan terjadinya genangan air. Selain itu, sejumlah kali yang selama musim kemarau kering pun mulai dialiri air hingga ke laut.

Sejumlah warga Kota Kupang pun mulai memanfaatkan pekarangan rumah dan lahan kosong yang dimiliki untuk bercocok tanam.

Menariknya, ada hal positif yang dibuat warga Kota Kupang, khususnya di wilayah RT 17, Kelurahan Oebufu. Memanfaatkan curah hujan yang ada, dan agar air tak mengalir begitu saja ke laut, warga membut lubang resapan dengan tujuan investasi air atau menanam air.

Hal ini dilakukan Silvester Hello, warga RT 17, Kelurahan Oebufu, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang. Sosok yang akrab disapa Vester ini memberi contoh nyata kepada masyarakat bagaimana menanam air agar ketika di musim kemarau, kota tidak kekeringan.

Vester yang juga Lurah Kolhua ini membuat lubang resapan di halaman rumahnya untuk menanam air. “Saya ada buat empat lubang resapan di halaman rumah saya. Terbukti, sumur saya di rumah dengan dalam 12 meter, airnya sampai meluap,” jelas Vester kepada media ini di Kupang, Jumat (29/1).

Menurutnya, manfaat dari tanam air sangat penting. Karena dengan membuat lubang resapan, air hujan yang turun tidak terbuang percuma, melainkan kembali masuk dalam tanah. Ketika memasuki musim kemarau, kata Vester, air di sumur tidak pernah kering.

“Ini dampak positif dari tanam air dengan membuat lubang resapan. Karena itu, marilah kita manfaatkan pekarangan rumah untuk buat lubang resapan, karena saya rasakan betul manfaat dari tanam air,” ungkap Vester.

Vester mengaku, lubang resapan ini tak hanya dibuat di rumahnya, namun juga di di halaman kantor Lurah Kolhua.

Dirinya menjelaskan pembuatan lubang resapan di halaman kantor Lurah Kolhua sedalam dua meter dan lebar dua meter. Waktu turun hujan semuanya dialiri masuk ke dalam lubang resapan itu hingga penuh.

Kendati demikian, tak membutuhkan waktu lama, hanya hitungan menit air sudah terserap masuk dalam tanah. “Sebagai lurah, saya harus tunjukan contoh terlebih dahulu, sehingga saya terus imbau warga Kelurahan Kolhua untuk manfaatkan pekarangan rumah buat lubang resapan,” katanya.

Terkait dengan kegiatan menanam air, Lurah Oebufu, Zet Batmalo, mengaku bahwa ia selalu mengimbau warga agar membuat lubang resapan di halaman rumah.

Tujuannya, agar air hujan seperti musim sekarang ini tidak terbuang begitu saja tetapi dapat tertampung melalui sumur resapan agar menjadi air baku dalam tanah.

“Manfaat dari sumur resapan dapat meningkatkan debit air dalam tanah, karena itu warga diharapkan dapat membuat lubang resapan di halaman rumah masing-masing,” ajaknya. (mg22)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top