Bappeda Kota Kupang Siapkan Musrenbang Kelurahan Gunakan SIPD | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Bappeda Kota Kupang Siapkan Musrenbang Kelurahan Gunakan SIPD


Kepala Bappeda Kota Kupang, Jefri Pelt (kiri) bersama dua pejabat teras Kota Kupang, Elvianus Wairata (tengah) dan Yos Rera Beka. (FOTO: FENTI ANIN/TIMEX)

PEMERINTAHAN

Bappeda Kota Kupang Siapkan Musrenbang Kelurahan Gunakan SIPD


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Kupang, Jefri Pelt mengatakan, persiapan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kelurahan di Kota Kupang sudah selesai dilaksanakan. “Pelaksanaannya nanti menggunakan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD),” ungkap Jefri saat diwawancarai di Balai Kota Kupang, Kamis (28/1).

Jefri Pelt menyebutkan, untuk pelaksanaan Musrenbang menggunakan SIPD itu, Bappeda Kota Kupang telah selesai melakukan simulasi. “Pelaksanaan Musrenbang kali ini juga akan dilakukan secara virtual. Saya baru selesai melaporkan kepada Pak Sekda (Fahrensi Funay, Red) tentang persiapannya, dan untuk Musrembang kelurahan ini semua akun akan dibuka dalam rangka pengusulan kebutuhan masyarakat,” katanya.

Jeffri menjelaskan, akun ini akan dibuka untuk semua kelurahan. Tujuannya agar masyarakat dapat mengusulkan apa yang menjadi kebutuhan, baik itu dari aspek ekonomi, pendidikan, kesehatan, sosial budaya, dan lainnya.

“Karena ini merupakan sistem Musrembang yang baru, maka dalam waktu dekat Bappeda akan melakukan pertemuan dengan para camat, lurah, dan LPM, untuk memandu mereka membuka akun masing-masing,” ujarnya.

Dikatakan, Bappeda juga sudah menyiapkan manual book untuk kelurahan, dan akan sampai dengan pengusulan DPRD, yakni e-Pokir.

“Pada prinsipnya Kota Kupang siap untuk melaksanakan Musrembang kelurahan secara virtual menggunakan Sistem Informasi Pemerintah Daerah atau SIPD,” tandasnya.

Sesuai rencana, demikian Jefri, Musrembang tingkat kelurahan ini akan dimulai pada awal Februari 2021. Hal ini, lanjutnya, juga sudah dikoordinasikan dengan Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Kupang agar mem-backup Bappeda saat melaksanakan Musrenbang kelurahan secara virtual.

“Jadi semua kelurahan akan memasukkan usulan mereka menggunakan akun yang telah diberikan. Sistem ini merupakan sistem baru sehingga Bappeda sendiri akan melakukan pendampingan kepada semua kelurahan, karena SIPD ini peng-input-an yang harus lengkap, detail, dan terperinci dan tidak secara global,” bebernya.

Dia menambahkan, Bappeda senantiasa akan melakukan pendampingan agar semua kelurahan dapat menginput semua kebutuhan dan usulan, karena apabila tidak diinput secara baik, maka tidak akan terbaca dan tidak terakomodir.

“Tidak ada cara lain selain mengikuti sistem ini. Jadi kalau ada Kelurahan yang tidak bisa membuka atau meng-input usulan mereka, maka pasti usulan dari kelurahan tersebut tidak bisa terakomodir. Tahapan lainnya ada E-Pokir, dan Bappeda akan melakukan verifikasi terhadap usulan-usulan masyarakat yang belum terakomodir,” kata mantan Kepala Badan Keuangan Daerah Kota Kupang ini.

Jadi Bappeda, sambung Jefri, akan menggunakan alternatif lain untuk memperjuangkan usulan masyarakat jika itu merupakan kebutuhan yang mendesak. (mg25)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PEMERINTAHAN

To Top