Perlu Lakukan Pemetaan Potensi Penularan Covid-19 Anggota Keluarga | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Perlu Lakukan Pemetaan Potensi Penularan Covid-19 Anggota Keluarga


ILUSTRASI. Virus Korona (Wahyu Kokang/Jawa Pos)

NASIONAL

Perlu Lakukan Pemetaan Potensi Penularan Covid-19 Anggota Keluarga


JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Pergerakan manusia dapat menyebabkan potensi penyebaran virus semakin meluas. Pemerintah berencana menerapkan strategi karantina wilayah tingkat RT/RW untuk memitigasi penularan.

Agar tidak terjadi klaster di lingkungan sekitar, masyarakat perlu memetakan anggota keluarga mana saja yang berpotensi sebagai carrier di dalam rumah.

Hal ini baiknya dilakukan, sebab lebih bagus mencegah daripada mengobati. Hal itu diungkapkan oleh Tim Pakar Satgas Covid-19, Dewi Nur Aisyah. “Tiap keluarga musti punya potensi siapa yang punya potensi penularan (karena aktivitas di luar),” ujar dia beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Pemerintah Susun Skenario Karantina Terbatas Tingkat RT dan RW

Kemudian, tamu yang datang ke rumah pun juga perlu diwaspadai dan diberikan pengertian yang halus bahwa diri kita ingin meminimalisir penyebaran virus. “Ketika ada tamu ke rumah kita tetap lakukan protokol keehatan, jaga jarak dijaga,” tuturnya.

Jadi, menurut dia ada baiknya tidak keluar rumah jika tidak penting. Apabila mengharuskan untuk keluar rumah, maka harus dipastikan penerapan protokol kesehatan 3M, yaitu wajib memakai masker, wajib mencuci tangan serta wajib menjaga jarak.

“Hanya untuk kumpul-kumpul jangan keluar, gunakan masker, kurangi kegiatan sosial di masyarakat. Jangan piknik di penuh keramaian,” imbuhnya. (jpc/jpg)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya NASIONAL

To Top