Bupati-Wabup Manggarai Tak Masuk Kriteria Program Vaksin Covid-19 | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Bupati-Wabup Manggarai Tak Masuk Kriteria Program Vaksin Covid-19


TERIMA VAKSIN. Bupati Deno Kamelus didampingi Dandim 1612/Manggarai, Letkol Kav. Ivan Alfa, dan pihak Polres Manggarai, menerima paket vaksin Covid-19 kiriman Dinas Kesehatan NTT melalui PT Pos Indonesia, Minggu (31/1). (FOTO: FANSI RUNGGAT/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Bupati-Wabup Manggarai Tak Masuk Kriteria Program Vaksin Covid-19


RUTENG, TIMEXKUPANG.com-Bupati Manggarai, Deno Kamelus dan Wakil Bupati (Wabup) Victor Madur, dipastikan tidak lolos skrining kesehatan untuk divaksin Covid-19 lantaran tak lolos kriteria usia. Sebagaimana diketahui, sesuai kriteria, batas usia orang yang boleh divaksin sinovac, adalah yang berusia 18 – 59 tahun.

“Dipastikan saya dan Pak Wakil (Viktor Madur, Red) tidak mungkin bisa divaksin. Sebab usia kami dua sudah lebih dari 59 tahun. Ini kan salah satu kriteria dari sasaran penerima vaksin Covid-19,” ungkap Bupati Deno, saat menerima 4.600 vial dosis vaksin Covid-19, Minggu (31/1) petang.

Acara penyerahan paket vaksin Covid-19 yang dikirim dari Dinas Kesehatan Provinsi NTT di Kupang itu, berlangsung di gedung Instalasi Farmasi, Kelurahan Wali, Kecamatan Langke Rembong. Penyerahan dilakukan Kepala Kantor Pos Indonesia Cabang Ruteng, Abdul Aziz kepada Bupati Deno.

Hadir juga dalam kesempatan itu Plt. Kadis Kesehatan, Nobertus Burhanus, Dandim 1612/Manggarai, Letkol Kav. Ivan Alfa, pihak Polres Manggarai, Jubir Satagas Covid-19 Manggarai, Lody Moa. Kiriman paket vaksin tahap pertama untuk Manggarai dikirim melalui Bandara Komodo, Labuan Bajo, Manggarai Barat.

Meski Bupati Deno dan Wabup Viktor Madur tidak masuk dalam kriteria penerima vaksin sinovac, namun Bupati Deno mengharapkan pejabat lain yang mendapat kesempatan divaksin perdana agar memotivasi dan memberi keyakinan ke masyarakat bahwa vaksin Covid-19 yang dilakukan pemerintah itu aman dan halal.

Bupati Deno mengatakan, vaksinasi hanyalah satu dari sejumlah upaya dalam rangka mengatasi laju penyebaran Covid-19. Sehingga semua masyarakat tetap diminta untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan. Seperti tetap pakai masker, cuci tangan, dan menghindari kerumunan.

BACA JUGA: Matim Terima 2.920 Dosis Vaksin Covid-19, Manggarai Jemput 4.320 Dosis

“Kalau sudah divaksin, bukan berarti kita aman seratus persen. Tetap ikuti protokol kesehatan. Untuk tahap pertama, vaksin ini untuk tenaga kesehatan (Nakes). Sampai nanti masyarakat tetap diberikan vaksin,” kata Bupati Deno.

Menurut dia, alasan pemerintah kenapa nakes menjadi prioritas pertama, tentu karena mereka berada pada garis terdepan menangani Covid-19. Sehingga Bupati Deno memberi saran agar nakes di Manggarai itu di data secara baik. “Jangan sampai ada yang terlewatkan,” tegasnya.

“Apakah angka yang dikirim dari pusat, sesuai dengan jumlah nakes di Manggarai, tentu itu yang paling tahun di dinas kesehatan. Tolong juga sosialidasi ke masyarakat, supaya jangan beranggapan vaksin ini cuma untuk nakes atau pejabat publik saja. Sampaikan bahwa bertahap dan ada saat atau waktunya masyarakat juga dapat vaksin,” tambah Bupati Deno.

Sementara Plt. Kepala Dinas Kesehatan Manggarai, Nobertus Burhanus mengatakan, dalam rangka meningkatkan kepercayaan publik akan kehalalan vaksin, maka pelaksanaan vaksinasi akan didahulukan pada 10 orang pimpinan OPD dan tokoh daerah.

Sasaran vaksinasi tahap pertama pada Februari akan diberikan kepada nakes yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan, seperti Puskesmas dan Rumah Sakit. Sementara vaksinasi untuk masyarakat umum dilakukan tahap berikutnya. Sasaran dan target vaksinasi menurut Kementerian Kesehatan RI, diberikan kepada 2.160 orang.

“Kebutuhan dosis vaksin Covid-19 untuk SDM sebanyak 4.320 vial. Yang diterima hari ini sebanyak 4.600 vial. Untuk tenaga vaksinator, Dinas Kesehatan telah melatih sebanyak 143 orang, terdiri dari dokter, perawat, dan bidan yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan,” sebut Burhanus. (Krf3)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top