Longsor di Mantasi, Batu Besar Timpa Rumah Warga, Ini Imbauan Camat Alak | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Longsor di Mantasi, Batu Besar Timpa Rumah Warga, Ini Imbauan Camat Alak


RUSAK. Camat Alak, Ridhon A. Bire (kiri) bersama Lurah Mantasi, Fransiskus Arkian (tengah) saat meninjau lokasi bencana tanah longsor yang merusaki rumah milik Paulina Amtiran, warga RT 05/RW 02, Kelurahan Mantasi, Kecamatan Alak, Kota Kupang, Senin (1/2). (FOTO: IMRAN LIARIAN/TIMEX)

PERISTIWA/CRIME

Longsor di Mantasi, Batu Besar Timpa Rumah Warga, Ini Imbauan Camat Alak


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Musibah tanah longsor di Kota Kupang kembali terjadi, Senin (1/2). Material longsor berupa sebongkah batu berukuran besar jatuh dan menimpa satu rumah warga dengan konstruksi semi permanen hingga rata dengan tanah.

Rumah yang tertimpa longsor itu milik Paulina Amtiran, warga RT 05/RW 02, Kelurahan Mantasi, Kecamatan Alak, Kota Kupang. Beruntung bencana ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa, hanya berupa kerugian materi.

Camat Alak, Ridhon A. Bire, bersama Lurah Mantasi, Fransiskus Arkian, yang turun langsung memantau lokasi bencana, Senin (1/2) kepada media ini menjelaskan, bencana tanah longsor itu terjadi Senin (1/2) dinihari sekira pukul 05.00 Wita.

“Saya sudah turun ke lokasi dan langsung mengimbau warga untuk mengungsi sementara ke rumah tetangga atau keluarga untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan,” jelas Lurah Mantasi, Fransiskus Arkian.

Fransiskus menyebutkan, rumah yang tertimpa longsor berupa bongkahan batu besar itu dihuni tiga orang. “Semuanya dalam keadaan baik, hanya bangunan rumah yang rusak total,” katanya.

Fransiskus mengaku, ia telah melaporkan kejadian ini ke BPBD Kota Kupang dan Dinas Sosial Kota Kupang untuk kepentingan pemberian bantuan tanggap darurat. “Saya imbau kepada warga untuk selalu waspada saat terjadi turun hujan,” ungkapnya.

BACA JUGA: Tanah Longsor di Mantasi, 5 Rumah Warga dan PAUD Terancam Roboh

Hal yang tak beda diungkapkan Camat Alak, Ridhon A. Bire. “Saya telah turun lokasi bencana melihat langsung. Memang rumah rusak parah yang tertindih batu besar,” kata Ridhon.

Atas musibah itu, Camat Ridhon mengimbau warga yang tinggal sekitar lokasi bencana untuk mengungsi sementara ke rumah saudara yang lebih aman. Tujuannya agar menghindari tanah longsor susulan yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

Camat Ridhon juga mengimbau warga se-Kecamatan Alak untuk selalu waspada. Karena kondisi curah hujan dengan intensitas tinggi saat ini berpotensi terjadi bencana tanah longsor.

“Saya sudah minta warga untuk memotong pohon-pohon yang berpotensi tumbang. Pasalnya, angin kencang pun sewaktu-waktu akan terjadi,” katanya.

Sementara untuk warga Alak yang berprofesi sebagai nelayan, Camat Ridhon juga mengimbau untuk sementara waktu selama cuaca belum bersahabat tidak melakukan aktivitas menangkap ikan di laut. “Karena kondisi cuaca buruk ini akan berdampak pada keselamatan nelayan itu sendiri ketika melakukan aktivitas menangkap ikan di laut,” pesannya. (mg22)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PERISTIWA/CRIME

To Top