Simak Hasil Pertemuan Kapolda Bersama Orient, KPU NTT, dan KPU Sabu Raijua | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Simak Hasil Pertemuan Kapolda Bersama Orient, KPU NTT, dan KPU Sabu Raijua


BERI KETERANGAN. Kapolda NTT, Irjen Pol Lotharia Latif (kanan) memberi keterangan kepada awak media usai pertemuan dengan Bupati Sabu Raijua terpilih Orient Riwu Kore, Ketua KPU NTT, Thomas Dohu, dan Ketua KPU Sabu Raijua, Kirenius Padji, di Mapolda NTT, Jumat (5/2). (FOTO: IMRAN LIARIAN/TIMEX)

POLITIK

Simak Hasil Pertemuan Kapolda Bersama Orient, KPU NTT, dan KPU Sabu Raijua


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Kapolda NTT, Irjen Pol. Lotharia Latif ternyata tak hanya melakukan pertemuan dengan Bupati Sabu Raijua terpilih, Orient Riwu Kore, di Mapolda NTT, Jumat (5/2). Tapi selain bersama Orient, Kapolda Latif juga menghadirkan Ketua KPU NTT, Thomas Dohu dan Ketua KPU Sabu Raijua, Kirenius Padji.

Kapolda Latif menyatakan bahwa pertemuan tersebut masih satu rangkaian dengan Operasi Mantap Praja. “Kita Polri masih dalam proses itu dan punya kewajiban untuk melakukan pengamanan, pengawasan terhadap calon-calon bupati termasuk Orient Riwu Kore,” jelas Kapolda Latif.

Irjen Latif membenarkan bahwa dalam pertemuan itu mereka membicarakan perihal status kewarganegaraan Orient Riwu Kore yang menjadi polemik karena diduga berkewarganegaraan ganda, sebagai warga negara Indonesia juga Amerika Serikat. Hanya Irjen Latif menegaskan bahwa ia bersama pihak terkait sepakat bahwa itu adalah menjadi bagian dari pemerintah.

“Sejak kasus ini bergulir, masih ada kaitan dengan Operasi Mantap Praja, sehingga semua calon bupati akan saya perlakuan sama untuk membangun komunikasi dengan para calon bupati,” jelas Irjen Latif yang saat itu didampingi Kabid Humas Polda NTT, Kombes Pol Rishian Krisna Budhiaswanto.

BACA JUGA: Orient Riwu Kore: Saya WNI, Bukan Warga Negara Ganda

Dari pertemuan itu, lanjut Irjen Latief, prinsipnya Polri dalam hal ini Polda NTT menghormati proses yang sedang berjalan. “Kita akan menunggu bagaimana keputusan dari Pemerintah,” ujarnya.

Jenderal Polisi dengan dua bintang di pundak itu menitipkan agar tetap menjaga kekondusifan wilayah Sabu Raijua. “Itu menjadi hal yang utama. Semua pihak agar menahan diri dan menjaga kondusifan di wilayah Kabupaten Sabu Raijua,” tegasnya.

Mengenai permintaan Kemendagri agar status kependudukan Orient diusut kepolisian, menurut Irjen Latif, pihaknya tetap melakukan penyelidikan dan berkoordinasi dengan Bareskrim Polri dan instansi terkait untuk melihat apakah ada pelanggaran atau tindak kejahatan dalam kasus ini.

Disisi lain, pihaknya masih menunggu dan menghormati proses politik yang sedang berjalan kaitan dengan Kabupaten Sabu Raijua. (mg22)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top