Usai Bertemu Kapolda, Ketua KPU NTT dan Sabu Raijua Ungkap Hal Ini | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Usai Bertemu Kapolda, Ketua KPU NTT dan Sabu Raijua Ungkap Hal Ini


Ketua KPU NTT, Thomas Dohu (kiri) dan Ketua KPU Sabu Raijua, Kirenius Padji (tengah), di Mapolda NTT, Jumat (5/2). (FOTO: IMRAN LIARIAN/TIMEX)

POLITIK

Usai Bertemu Kapolda, Ketua KPU NTT dan Sabu Raijua Ungkap Hal Ini


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi NTT dan KPU Kabupaten Sabu Raijua turut hadir dalam pertemuan Kapolda NTT, Irjen. Pol. Lotharia Latif bersama Orient Riwu Kore selaku Bupati Sabu Raijua terpilih, di Mapolda NTT, Jumat (5/2) siang.

Ketua KPU NTT, Thomas Dohu, kepada media ini usai pertemuan bersama Kapolda mengatakan bahwa ia hanya hadir mengikuti saja dan tidak memberikan keterangan apa-apa pada momen tersebut. Namun Thomas mengaku bahwa ia hanya menyampaikan informasi berupa data terkait Pilkada Sabu Raijua.

“Kami bersama-sama dengan teman dari KPU Kabupaten Sabu Raijua mendalami informasi, khususnya pelaksanaan pencalonan beberapa waktu lalu untuk disampaikan kepada KPU RI,” kata Thomas.

Menyinggung mengenai pemintaan penundaan pelantikan Bupati Sabu Raijua terpilih sebagaimana yang disampaikan Bawaslu RI ke Kemendagri, Thomas mengaku tidak tahu menahu mengenai hal tersebut. Thomas menegaskan bahwa permintaan Bawaslu ke Kemendagri bukan kewenangan KPU.

Sesuai konstitusi, yakni UU dan Peraturan KPU, kata Thomas, pihaknya sebagai penyelenggara Pemilu/Pilkada, hanya menyelenggarakan sampai pada tahapan terakhir, yakni penetapan kepala daerah terpilih. Selanjutnya mengenai urusan pelantikan, menjadi ranah pemerintah. “Usulan pelantikan itu urusannya Pemerintah,” tandasnya.

BACA JUGA: Simak Hasil Pertemuan Kapolda Bersama Orient, KPU NTT, dan KPU Sabu Raijua

Saat ditanyai apakah dalam pertemuan bersama Kapolda itu ada rekomendasi KPU yang diberikan, Thomas dengan tegas mengatakan bahwa tidak ada rekomendasi. Kehadirannya dalam pertemuan itu hanya sebatas memberi informasi atau data.

“Pak Kapolda NTT menjamin apapun putusan dari pemerintah, terutama terkait pemilihan (Kepala Daerah, Red) di NTT, soal keamanannya akan di back up,” ungkap Thomas.

Sementara Ketua KPU Kabupaten Sabu Raijua, Kirenius Padji, menegaskan bahwa semua tahapan dalam Pilkada Sabu Raijua berproses dengan baik, termasuk terkait status kewarganegaraan Orient Riwu Kore, Bupati terpilih pasangan calon IE-RAI. “Dalam proses itu tidak ada rekomendasi apapun berkaitan dengan kewarganegaraan,” tegasnya.

Kirenius membenarkan bahwa terkait status kewarganegaraan Orient, memang ada klarifikasi dari Bawaslu Sabu Raijua. Tetapi klarifikasi itu, lanjut Kirenius, berkaitan dengan keabsahan dokumen Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik Orient Riwu Kore.

Karena itu, sambung Kirenius, KPU Sabu Raijua telah melakukan klarifikasi ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kupang. Hasil dari klarifikasi itu termuat dalam berita acara yang ditandatangani oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang. “Hasil verifikasi dokumen yang diserahkan kepada KPU hanya satu KTP, yakni KTP Kota Kupang,” pungkasnya. (mg22)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top