Tinjau 9 Titik Lokasi Bencana di Lela, Bupati Sikka Beber Langkah Penanganan | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Tinjau 9 Titik Lokasi Bencana di Lela, Bupati Sikka Beber Langkah Penanganan


AMUK GELOMBANG. Gelombang pasang menerjang ruas jalan dan tembok pengaman di Bangboler Kecamatan Lela. Gambar diabadikan Kamis (4/2). (FOTO: KAREL PANDU/TIMEX)

PERISTIWA/CRIME

Tinjau 9 Titik Lokasi Bencana di Lela, Bupati Sikka Beber Langkah Penanganan


MAUMERE, TIMEXKUPANG.com-Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo mengunjungi sembilan titik lokasi bencana di Kecamatan Lela, Kamis (4/2). Sembilan titik lokasi bencana yang didatangi Bupati Sikka itu, yakni turap abrasi yang putus diterjang gelombang pasang, lima unit rumah warga yang diterjang angin puting beliung, dermaga tambatan perahu, ruas jalan Hepang-Lela yang nyaris putus akibat longsor, dan satu unit rumah warga yang tertimpa pohon saat angin kencang.

Saat mengunjungi turap penahan abrasi dan ruas jalan di Bangboler, terlihat tembok penahan gelombang putus total. Putusnya tembok pengaman itu menyebabkan ruas jalan pun putus. Akibatnya rumah warga yang berada di tepi pantai menjadi terancam. Atas kondisi ini, Bupati bersama stafnya berdiskusi dan mengambil inisitaif membuka ruas jalan baru yang jauh dari tepi pantai. Pembukaan ruas jalan baru itu dilaksanakan dalam tahun ini.

“Dengan kondisi ruas jalan yang putus total akibat diterjang gelombang pasang ini, maka harus dibuka ruas jalan baru yang jauh dari pantai. Ruas jalan baru akan dikerjakan tahun ini,” ungkap Bupati yang akrab disapa Robi ini.

Sementara itu, saat meninjau lima rumah warga di Kampung Sikka yang rusak parah akibat diterjang angin puting beliung, Bupati Robi langsung menginstruksikan agar memberi bantuan tanggap darurat. Tim Tagana langsung menyalurkan bantuan berupa beras, mi instan, dan terpal sekaligus memperbaiki rumah warga tersebut. Bantuan ini juga diberikan kepada salah satu warga yang rumahnya rusak tertimpa pohon besar yang tumbang.

Bupati Robi dan rombongan saat meninjau ruas jalan Hepang-Lela yang nyaris putus akibat longsong karena tergerus air hujan, Kamis (4/2). (FOTO: KAREL PANDU/TIMEX)

Selanjutnya ketika mengunjungi dermaga tambatan perahu yang hancur diterjang gelombang di Desa Sikka, Bupati Robi meminta dinas teknis menurunkan alat berat untuk membenahi dermaga tambatan perahu tersebut.

“Selain memberikan bantuan kepada warga yang rumahnya rusak diterjang angin, pemerintah juga akan menurunkan alat berat untuk membenahi dermaga tambatan perahu yang rusak berat akbat diterjang gelombang pasang,” kata Robi.

Robi juga meninjau langsung ruas jalan Hepang-Lela yang nyaris putus akibat longsor karena tergerus air hujan yang memenuhi badan jalan. Menyikapi kondisi ini, kepada awak media Robi mengatakan bahwa masalah itu akan segera ditanggulangi dengan memasang bronjong serta membenahi drainase. Tujuannya agar badan jalan tidak tergenang air saat hujan.

“Untuk ruas jalan yang nyaris putus akibat longsor ini, akan segera dipasangi bronjong dan rabat termasuk drainase juga harus dibenahi secepatnya,” pungkas Robi. (Kr5)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PERISTIWA/CRIME

To Top