Belajar dari Rumah, Kenali Tipe Belajar Anak | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Belajar dari Rumah, Kenali Tipe Belajar Anak


ILUSTRASI. Anak belajar dari rumah. (FOTO: MARTHEN BANA/TIMEX)

PENDIDIKAN

Belajar dari Rumah, Kenali Tipe Belajar Anak


JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Para siswa masih dihadapkan dengan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ). Sebagian besar sekolah masih memberlakukan PJJ mengingat angka Covid-19 di Indonesia masih meningkat. Oleh karena itu, para siswa harus kembali belajar dan mengerjakan tugas secara daring.

Pada situasi seperti ini, seringkali siswa merasa bosan ketika belajar atau merasa tidak dapat mengerti materi pelajaran. Bisa jadi siswa tidak memahami dengan benar bagaimana gaya belajar yang nyaman.

Gaya belajar pada dasarnya adalah kunci pengembangan dan kinerja diri. Gaya belajar membantu kamu untuk dapat belajar secara efektif dan dapat memaksimalkan belajar kamu terlebih saat di rumah.

Menurut aplikasi pendidikan Ruangguru, ada berbagai tipe gaya belajar yang perlu diketahui oleh orang tua, seperti berikut ini.

Auditori

Tipe belajar yang satu ini adalah tipe belajar yang memanfaatkan indra pendengaran. Orang yang memiliki tipe belajar auditori akan lebih sensitif pada suara, misalnya, jika anak Anda menyukai belajar diiringi suara seperti musik atau mendengarkan penjelasan materi melalui podcast, senang berdiskusi dan menjelaskan sesuatu panjang lebar, tipe belajar itu tergolong auditori.

Visual

Tipe belajar yang satu ini hampir digemari oleh kebanyakan orang. Tipe belajar visual adalah tipe belajar yang memanfaatkan indera penglihatan. Tipe belajar visual ini cenderung dimiliki oleh orang-orang yang menyukai belajar dengan gambar, warna, dan membuat catatan yang rapi.

Orang yang memiliki tipe belajar ini akan lebih mudah mengingat sesuatu jika ia melihat langsung daripada mendengarkan. Jika anak Anda senang melakukan aktivitas belajar seperti itu, berarti tipe belajarnya termasuk tipe belajar visual.

Kinestetik

Tipe belajar ini memanfaatkan sentuhan dan fisik. Menggunakan objek nyata sebagai alat bantu belajar, banyak menggunakan isyarat tubuh, menyukai permainan dan olahraga, belajar melalui praktik. (jpc/jpg)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PENDIDIKAN

To Top