Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Buka Taman Baca di Perbatasan | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Buka Taman Baca di Perbatasan


TAMAN BACA. Prajurit TNI dari Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat, Yonarmed 3/105 Tarik membuka taman baca di Desa Nainaban, Kecamatan Bikomi Nilulat. Anak-anak tampak menikmati fasilitas menambah pengetahuan itu. (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Buka Taman Baca di Perbatasan


Tingkatkan Minat Baca Masyarakat dan Cerdaskan Anak Bangsa

KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-RDTL Sektor Barat, Batalyon Altileri Medan (Yonarmed) 3/105 Tarik Kompi Tempur I, Pos Baen membuka taman baca menggunakan salah satu bagian dari bangunan pos tersebut di Desa Nainaban, Kecamatan Bikomi Nilulat, Kabupaten TTU, Kamis (4/2).

Pembukaan Taman Baca di daerah terpencil yang berbatasan langsung dengan Desa Leolbatan, Distric Oecuse (RDTL) tersebut bertujuan meningkatkan minat baca masyarakat sekaligus generasi penerus bangsa yang berada di garis perbatasan negara.

Dansatgas Yonarmed 3/105 Tarik, Letkol Arm Laode Irwan Halim, kepada Timor Express, Kamis (4/2) menuturkan, selain membuka taman baca, pihaknya juga memberikan bantuan buku bacaan dari berbagai sumber kepada masyarakat di Desa Nainaban. Buku bacaan yang diberikan itu dari berbagai sumber, baik buku tentang ilmu pengetahun, komik, novel, dan juga buku dongeng.

“Kita berinisiatif untuk membuka taman baca di Desa Nainaban. Buku sumber yang ada itu kita datangkan dari para donatur,” tutur Letkol Irwan.

Letkol Irwan menambahkan, kebiasaan membaca memiliki dampak yang positif bagi anak-anak. Salah satunya agar anak tidak terpengaruh dengan perkembangan teknologi zaman sekarang yang membuat anak-anak lebih suka bermain game di gadget dibandingkan membaca buku.

“Budaya membaca akan sangat mempengaruhi kualitas generasi muda di masa depan. Dengan mengenal hal-hal baru melalui membaca akan memberi pelajaran mengenai nilai sosial pada anak. Anak yang terbiasa membaca sejak dini akan tumbuh menjadi anak yang percaya diri, mandiri dan berwawasan luas. Kebiasaan membaca juga dapat meningkatkan kemampuan anak dalam memecahkan masalah,” ujarnya.

BACA JUGA: Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Resmikan Bak Penampung Air di Napan

Menurut Letkol Irwan, dalam menyiapkan generasi penerus bangsa, yang paling penting itu membangun minat anak agar gemar membaca. Karena itu, pihaknya membuat layanan taman baca yang menjadi sarana belajar anak-anak yang sangat menyenangkan.

“Kita ketahui bahwa taman bacaan adalah sarana penting untuk membentuk karakter anak. Luasnya wawasan anak terlihat dari minatnya terhadap bacaan. Melalui buku atau bacaan, itulah cara sederhana meluaskan dunia anak-anak kita,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala sekolah SDK Yaperna Siman, Elias Docarmo mengaku bangga atas kepedulian prajurit TNI Satgas Pamtas Yonarmed 3 105/Tarik yang sudah berinisiatif membuka taman baca di Desa Nainaban, Kecamatan Bikomi Nilulat.

Menurut Elias, taman baca tersebut sangat bermanfaat bagi anak-anak di daerah perbatasan yang selama ini sulit mengakses buku sebagai sumber pengetahuan. Karena itu, pihaknya akan menggunakan sebaik mungkin guna meningkatkan minat baca sekaligus mencerdaskan anak bangsa yang berada di daerah perbatasan.

“Terima kasih atas program taman baca yg digagas Satgas Yonarmed 3/105 Tarik. Ini sangat bermanfaat bagi kami yang ada di Desa Nainaban, sehingga warga maupun anak-anak bisa mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan melalui buku sumber,” ungkap Elias.

Elias berharap, usaha keras yang digagas Satgas Yonarmed 3/105 Tarik sungguh luar biasa. Prajurit TNI yang bertugas di wilayah tersebut selalu membantu masyarakat dalam segala hal. “Semoga segala usaha dan kerja keras dari Satgas Yonarmed 3/105 Tarik selalu diberkati oleh Tuhan,” pungkasnya. (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top