Seluruh Personil Polres Matim Ikut Rapid Antigen, 3 Orang Positif | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Seluruh Personil Polres Matim Ikut Rapid Antigen, 3 Orang Positif


BERGILIRAN. Sejumlah anggota Polres Matim secara bergiliran menjalani pemeriksaan dengan alat rapid test antigen di Shelter IKM, Golo Lada, Kelurahan Rana Loba, Kecamatan Borong. (FOTO: Polres Matim for TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Seluruh Personil Polres Matim Ikut Rapid Antigen, 3 Orang Positif


BORONG, TIMEXKUPANG.com-Guna memastikan kondisi seluruh personil sehat dan mengantisipasi penyebaran Covid-19, sebanyak 180 anggota Polres Manggarai Timur (Matim), menjalani rapid test antigen secara bergiliran selama dua hari, yakni Minggu (7/2) dan Senin (8/2). Hasilnya, tiga orang anggota dinyatakan positif antigen dan langsung menjalani karantina terpusat.

Proses rapid test antigen dilakukan petugas medis yang bertugas di Shelter Covid-19 Matim. Para petugas lengkap dengan alat pelindung diri (APD) melaksanakan pemeriksaan terhadap 180 anggota Polres Matim di salah satu shelter Covid-19 Matim, di Sentral Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Golo Lada, Kelurahan Rana Loba, Kecamatan Borong.

“Semua anggota polisi di Matim, baik di Polres, Polsek, Pos Pol, dan Bhabinkamtibmas ikut dalam kegiatan rapid test antigen. Ada tiga anggota yang hasilnya positif. Sementara 177 orang aman dengan hasil negatif,” ungkap Kapolres Matim, AKBP Nugroho Arie Siswanto, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (10/2) siang.

Menurut Kapolres Nugroho, ketiga anggota yang hasilnya positif antigen tersebut, dua orang bertugas di Polsek Lamba Leda, dan seorang lainnya di Polsek Kota Komba. Untuk dua orang dari Polsek Lamba Leda menjalani karantina mandiri. Sementara satu orang dari Polsek Kota Komba mengikuti karantina terpusat di shelter Covid-19 Matim.

“Kita juga sudah lakukan tracing bagi kelurga dari tiga orang anggota yang positif hasil antigenya. Untuk keluarga dari dua anggota polisi di Lamba Leda, hasil tes antigennya negatif. Sementara keluarga dari polisi yang bertugas di Polsek Kota Komba, semuanya positif. Sehingga seluruh anggota keluarga ikut karantina di shelter Covid-19 Matim,” kata Kapolres Nugroho.

Menurut Kapolres Nugroho, dirinya sudah memerintahkan Kapolsek Lamba Leda untuk terus melakukan kontrol setiap hari kepada dua orang anggota yang menjalani karantina secara mandiri di rumah ini. Dia juga mengatakan, bagi tiga orang yang positif pemeriksaan antigen, langsung diambil swab PCR dan dikirim ke Laboratorium BBTKLPP Surabaya.

“Kita masih menunggu hasil pemeriksaan PCR. Kita melakukan rapid test antigen ini dalam rangka antisipasi dini penyebaran Covid-19. Tentu semua anggota tetap saya minta untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Seluruh anggota Polres Matim juga sudah siap ikut vaksinasi Covid-19,” tutur Kapolres Nugroho.

Nugroho menambahkan, setiap hari pihaknya terus melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19 dan pembagian masker kepada masyarakat. Dimana saat ini Polres Matim tengah menjalankan operasi aman nusa. Dimana disamping bagi masker, juga dilakukan penegakan yustisi.

“Kami setiap hari beroperasi sembari memberi sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19 kepada masyarakat. Kalau kita temukan ada yang tidak pakai masker, kita lakukan tindakan,” tegasnya.

Kapolres Nugroho menyebutkan, pihaknya bersama Satgas Covid-19 Matim dan kecamatan Borong, Rabu (10/2) telah melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah fasilitas umum dan rumah keluarga yang terpapar Covid-19. Sembari sosialisasi dengan mengajak masyarakat untuk tetap patuh mengikuti protokol Kesehatan.

“Saya meminta seluruh masyarakat untuk sama-sama mencegah penyebaran Covid-19 dengan melakukan 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas yang tidak perlu,” pinta Kapolres Nugroho. (Krf3)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top