Pantau Vaksinasi Dosis Kedua, Bupati Agas: Kita Harus Kalahkan Covid-19 | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Pantau Vaksinasi Dosis Kedua, Bupati Agas: Kita Harus Kalahkan Covid-19


Bupati Matim, Agas Andreas (Duduk, kiri) tampak berbincang dengan petugas kesehatan di Puskesmas Borong saat memantau pelaksanaan vaksinasi dosis kedua tahap pertama kemarin (17/2). (FOTO: FANSI RUNGGAT/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Pantau Vaksinasi Dosis Kedua, Bupati Agas: Kita Harus Kalahkan Covid-19


BORONG, TIMEXKUPANG.com-Bupati Manggarai Timur (Matim), Agas Andreas, memantau langsung penyuntikan vaksinasi Covid-19 dosis kedua bagi 10 pejabat publik dan tenaga kesehatan (Nakes) di wilayah itu, Rabu (17/2), bertempat di UPTD Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Borong, Kelurahan Rana Loba, Kecamatan Borong.

Sebelumnya, pelaksanaan penyuntikan vaksinasi dosis pertama dilaksanakan pada 3 Februari 2021. Seperti biasa alur dalam vaksinasi itu, diawali dengan pemeriksaan administrasi, skrining, penyuntikan vaksin Sinovac, dan tahapan observasi pasca penyuntikan.

“Soal Covid-19 ini harus kita kalahkan. Tentu gotong royong dan partisipasi semua pihak, adalah rumus paling efektif saat ini,” ungkap Bupati Agas saat itu.

Bupati Agas mengatakan, vaksinasi ini tentunya hak sekaligus kewajiban semua orang untuk menyelamatkan diri dan orang lain dari serangan Covid-19. Semua orang berkewajiban melakukan edukasi kepada publik terkait vaksinasi. Tujuannya agar tingkat partisipasi dan kesadaran masyarakat meningkat.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Matim, lanjut Bupati Agas, akan bekerja sekuat tenaga menyelamatkan rakyatnya dari pandemi Covid-19. Agas juga berharap publik Matim harus mendapat informasi dan pembelajaran dari mereka yang sudah berstatus penyintas Covid-19, khususnya bagaimana tips agar bisa sembuh.

Dikatakan, informasi melalui video-video testimoni masyarakat yang sudah mengalami proses karantina, baik terpadu maupun mandiri sangat penting. Pengalaman mereka akan sangat mempengaruhi orang yang sedang menjalani isolasi. Bahkan menaikan semangat mereka yang sedang dalam kondisi terpapar. Tentu motivasi untuk sembuhnya meningkat.

“Saya berharap para Nakes selalu dan tetap semangat menangani mereka yang saat ini tengah menjalani isolasi mandiri maupun terpadu. Tetap jaga kesehatan dan terapkan prokes saat bertugas. Saya juga hadir di sini untuk memberi semangat, bahwa vaksin yang kita terima tidak membahayakan. Justru untuk melindungi diri dari Covid-19,” kata Bupati yang juga penyintas Covid-19 itu.

Dirinya juga meminta agar Satgas Covid-19 Matim, bisa mempercepat gerak langkah guna meningkatkan penyerapan vaksin Covid-19 bagi Nakes dosis kedua.

Menurut Bupati Agas, vaksinasi tahap pertama dosis 1 di Matim sudah mencapai 93 persen. Dan tentu hal ini patut diapresiasi bersama.

Sementara data yang dirilis bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Matim, cakupan vaksinasi untuk Nakes tahap pertama mencapai 93 persen.

Dari total 1.445 Nakes dan 10 pejabat publik sasaran vaksinasi, sudah terlayani sebanyak 1.339 Nakes. Paling tinggi Puskesmas Borong dan Mano. Dengan demikian, terdapat sekira 7 persen Nakes yang belum divaksin karena tidak memenuhi kriteria Menkes. (Krf3)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top