Salut untuk Dinas PUPR Malaka, Tepati Janji Angkut Kembali Sampah di Hutan Kateri | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Salut untuk Dinas PUPR Malaka, Tepati Janji Angkut Kembali Sampah di Hutan Kateri


ANGKUT KEMBALI. Para petugas kebersihan Dinas PUPR Malaka tampak mengangkut kembali sampah yang dibuang di Hutan Margasatwa Kateri pada Sabtu (13/2). Kegiatan ini dipimpin langsung Kadis PUPR Malaka, Yohanes Nahak, Rabu (17/2). (FOTO: PISTO BERE/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Salut untuk Dinas PUPR Malaka, Tepati Janji Angkut Kembali Sampah di Hutan Kateri


BETUN, TIMEXKUPANG.com-Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Malaka, Yohanes Nahak patut diberi apresiasi. Ini karena Yohanes memenuhi janjinya mengangkut kembali sampah yang diangkut dari Kota Betun dan dibuang di kawasan Hutan Margasatwa Kateri, Desa Kateri, Kecamatan Malaka Tengah pada Sabtu (13/2) lalu.

Janji ini diwujudkan Yohanes setelah sehari sebelumnya, Selasa (16/2) menerima para pendemo yang tergabung dalam Forum Pemuda Peduli Lingkungan (FPPL) Malaka. Ketika itu para pendemo datang dengan membawa sejumlah karung berisi sampah yang dibawa dari Hutan Kateri dan dibuang di halaman kantor Dinas PUPR.

Para pendemo protes dan bersikap bahwa Hutan Margasatwa Kateri tidak boleh dicemari dengan sampah karena itu merupakan hutan yang dilindungi negara.

Dalam pantauan Timor Express, Kadis PUPR, Yohanes Nahak turun langsung memimpin stafnya khususnya para petugas kebersihan untuk mengangkut kembali sampah-sampah yang telah menumpuk itu dan dinaikkan ke beberapa truk yang disiagakan.

“Saya sebagai pimpinan punya prinsip bahwa apa yang saya katakan pasti saya lakukan,” ungkap Yohanes Nahak saat ditemui di Hutan Kateri, Rabu (17/2) siang.

Yohanes mengakui bahwa setelah ditelusuri, ternyata sampah ini dibuang oleh sekelompok orang yang melakukan bakti sosial pada Sabtu (13/2) akhir pekan lalu. Saat itu sampah tersebut diangkut dengan truk milik Dinas PUPR, namun yang mengemudikan truk itu bukan sopir dari dinas tersebut, melainkan relawan yang membawa mobil itu atas perintah Kabid Kebersihan di Dinas PUPR, Yanuarius Tae. Parahnya, perintah itu tanpa sepengetahuan Yohanes sebagai Kadis.

BACA JUGA: Tak Ada TPA, Dinas PUPR Malaka Buang Sampah di Hutan Margasatwa, Pemuda Kateri Demo

“Tetapi sebagai pimpinan, saya punya tanggung jawab, dan juga punya prinsip bahwa apa yang saya katakan pasti saya lakukan. Kemarin saya sudah berjanji kepada masa aksi saat melakukan mediasi dengan Kordinator aksi dan anggota DPRD Kabupaten Malaka di kantor DPRD. Hari ini (17/2) kami angkat semua sampah di Hutan Kateri, dan saya komitmen akan bereskan semua sampah yang di buang di sini, dan saya tepati janji saya,” tegasnya.

Yohanes mengatakan, sampah-sampah yang sudah diangkut itu akan dibuang ditempat yang tepat sehingga tidak mencemari lingkungan nantinya. “Saat ini pasukan kebersihan angkat kembali sampah-sampah sambil cari lahan untuk dibuang. Intinya sampah ini harus diangkat semua sampai bersih. Tidak boleh ada sampah lagi di sini, itu prinsip karena saya tahu ini hutan larangan,” ujar Yohanes yang menyebutkan bahwa tidak mungkin pihak Dinas PUPR membuang sampah di hutan ini karena petugas sudah tahu Hutan Kateri adalah hutan yang dilindungi dan dilarang untuk membuang sampah di wilayah itu.

Anggota pasukan kebersihan yang ikut bersama relawan yang melakukan kegiatan baksos kebersihan pada Sabtu (13/2), Acacio Parera mengaku bahwa saat itu dirinya cuma mengantar sopir. Acacio menuturkan, saat itu ia ikut menjadi relawan sehinga setelah sampah-sampah dikumpulkan, mereka bingung mau membuangnya kemana. Atas rekomendasi Kabid Kebersihan, Yanuarius Tae, mobil Dinas PUPR diambil dan sampahnya diangkut lalu buang di Hutan Kateri.

“Silakan buang di Hutan Kateri, asal jangan buang di pinggir tapi harus buang ke dalam,” ungkap Acacio menirukan ucapan Kabid Yanuarius Tae kepada mereka pada Sabtu (13/2) lalu. “Jadi sampah-sampah ini dibuang di Hutan Kateri atas rekomendasikan Pak Kabid Kebersihan tanpa pengetahuan Kadis PUPR,” kata Acacio. (mg30)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top