Hujan Deras Iringi Kunker Jokowi di Sumba Tengah, Lalu Resmikan Bendungan Napun Gete di Sikka | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Hujan Deras Iringi Kunker Jokowi di Sumba Tengah, Lalu Resmikan Bendungan Napun Gete di Sikka


TIBA DI TAMBOLAKA. Presiden Jokowi (kiri) disambut Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat begitu pesawat yang membawa RI 1 itu mendarat di Bandara Tambolaka, SBD, Selasa (23/2) pagi tadi. (FOTO: ISTIMEWA)

KABAR FLOBAMORATA

Hujan Deras Iringi Kunker Jokowi di Sumba Tengah, Lalu Resmikan Bendungan Napun Gete di Sikka


MAUMERE, TIMEXKUPANG.com-Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) dipastikan meresmikan bendungan Napun Gete di Kecamatan Waiblama, Kabupaten Sikka, NTT, Selasa (23/2).

Presiden Jokowi bersama rombongan terbatas bertolak dari Bandara Pangkalan TNI AU Halim Perdana Kusuma menggunakan pesawat kepresidenan Selasa (23/2) sekira pukul 06.00 WIB, dan langsung menuju Bandara Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD).

Setibanya di Bandara Tambolaka, Presiden Jokowi yang disambut Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) langsung bergerak menuju lokasi lumbung pangan (food estate) yang terletak di Desa Makata Keri, Kecamatan Katiku Tana, Sumba Tengah.

Di lokasi tersebut, Kepala Negara melakukan peninjauan area lumbung pangan padi yang menjadi program jangka panjang pemerintah untuk Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sebagaimana terpantau media ini dari sejumlah video yang beredar, Presiden Jokowi di tengah hujan lebat dengan memegang payung sendiri tetap berjalan ke tengah sawah untuk memastikan program itu dilaksanakan dengan baik.

Selepas meninjau lokasi lumbung pangan, Presiden Jokowi dan rombongan sesuai agenda kunker di NTT langsung bertolak menuju Kabupaten Sikka dari Bandara Tambolaka menuju Bandara Frans Seda Maumere.

Di Sikka, Presiden Jokowi akan meresmikan Bendungan Napun Gete yang telah dibangun sejak tahun 2016 tersebut.

Untuk diketahui, selama masa jabatannya, Presiden Jokowi memberi perhatian khusus terhadap pemenuhan sumber air baku bagi warga NTT dengan membangun sedikitnya tujuh bendungan. Diantaranya Bendungan Raknamo di Kabupaten Kupang, Bendungan Rotiklot di Kabupaten Belu, dan Bendungan Napun Gete di Kabupaten Sikka. Tiga bendungan ini telah diresmikan Presiden Jokowi, termasuk Napun Gete hari ini.

Selain itu, terdapat empat bendungan lain yang kini dalam pengerjaan, yakni Bendungan Manikin di Kabupaten Kupang, Bendungan Temef di Kabupaten TTS, Bendungan Welikis di Kabupaten Belu, dan pembangunan Bendungan Mbay di Kabupaten Nagekeo.

Dengan tambahan tujuh bendungan ini, NTT kini memiliki delapan bendungan, termasuk bendungan pertama di Bumi Flobamora, yakni waduk Tilong di Kabupaten Kupang yang dibangun tahun 1999, dan diresmikan tahun 2001.

Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 161/Wirasakti Mayor Arwan kepada awak media menyebutkan, dalam kunjungan tersebut Presiden Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, Sekretaris Militer (Sesmil) Presiden, Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres, Mayjen TNI Agus Subiyanto, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin. (Kr5/aln)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top