Vaksinasi 5,8 Juta Guru, Jokowi Harapkan Juli Sekolah Bisa Normal | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Vaksinasi 5,8 Juta Guru, Jokowi Harapkan Juli Sekolah Bisa Normal


Presiden RI, Joko Widodo. (FOTO: Istimewa)

NASIONAL

Vaksinasi 5,8 Juta Guru, Jokowi Harapkan Juli Sekolah Bisa Normal


JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Sebanyak 5,8 juta guru dan tenaga pengajar akan divaksinasi Covid-19. Program vaksinasi dilakukan sebagai upaya memutus rantai penularan Covid-19 di Indonesia.

Sebagai langkah awal, sebanyak 650 guru dari Jabodetabek dilakukan divaksinasi dengan rincian 50 guru Paud, 90 guru SD, 70 guru SMP, 111 guru SMA, 50 guru SMK, 25 guru SLB, 50 guru madrasah, 130 dosen Perguruan Tinggi, 24 Tutor (Kesetaraan Paket A B C), serta 50 perwakilan organisasi profesi guru.

Presiden RI, Joko Widodo bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makariem meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi bagi guru dan tenaga pendidik di SMA 70 Jakarta. Dia mengatakan, pelaksanaan vaksinasi akan berjalan lancar dan berharap bisa dilakukan juga di sekolah lain.

’’Vaksin semuanya berjalan lancar, para guru, pendidik semuanya telah dimulai dan kita harapkan nanti setelah Provinsi DKI Jakarta semua provinsi juga melakukan hal yang sama,’’ kata Jokowi dalam keterangannya, Rabu (24/2).

Guru dan tenaga pendidik, menjadi salah satu prioritas penerima vaksinasi. Hal ini agar pada awal semester kedua, pendidikan secara tatap muka bisa dilakukan.

’’Targetnya pada bulan Juni nanti 5 juta guru, tenaga pendidik dan kependidikan semuanya Insya Allah sudah bisa kita selesaikan sehingga di bulan Juli saat mulai ajaran baru semuanya bisa berjalan normal kembali,’’ ucap Jokowi.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini telah dinanti-nanti oleh para guru agar bisa belajar dengan bertatap muka. Salah satu guru SD Swasta Bintang Kejora Cengkareng, Kenoki Halawa mengaku mendukung program pemerintah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 melalui vaksinasi ini.

’’Program vaksin ini sangat luar biasa saya sangat mendukung program pemerintah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 ini supaya di dunia pendidikan tidak berlarut-larut lagi melakukan proses pengajaran virtual,’’ tutur Kenoki.

Dia menuturkan, vaksinasi ini sangat penting sekali dan masyarakat luas agar tidak takut untuk divaksinasi. Sebab, vaksinasi sangat baik untuk mencegah tertular virus SARS-CoV-2. ’’Saya mengajak masyarakat luas terutama pendidik dan tenaga kependidikan mari kita dukung program pemerintah ini. Jangan takut saya tadi diobservasi setengah jam supaya kalau ada reaksi bisa langsung ditangani, namun sampai sekarang ini saya aman-aman saja,’’ tandas Kenoki.

Proses vaksinasi bagi tenaga pendidikan dilakukan dalam tiga shift. Shift pertama sebanyak 200 sasaran, pukul 08.00–10.00, shift kedua sebanyak 150 sasaran, jam 10.00–12.00, dan shift ketiga sebanyak 300 sasaran, mulai jam 13.00–selesai. Kegiatan ini dibantu vaksinator yang terdiri dari enam tim. Antara lain dua tim dari RS Persahabatan, tiga tim dari Dinkes Provinsi DKI Jakarta, dan satu tim dari Puskes TNI. (jpc/jpg)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya NASIONAL

To Top