Gubernur NTT Lantik 5 Bupati-Wabup, Kemendagri: Sabu Raijua Tunggu Kajian Kemenkum-HAM | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Gubernur NTT Lantik 5 Bupati-Wabup, Kemendagri: Sabu Raijua Tunggu Kajian Kemenkum-HAM


SUMPAH JANJI. Bupati-Wabup lima kabupaten di NTT, yakni TTU, Sumba Timur, Ngada, Manggarai, dan Manggarai Barat saat dilantik dan diambil sumpahnya oleh Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat bertempat di aula Rujab Gubernur, Jl. El Tari, Jumat (26/2) petang. (FOTO: INTHO HERISON TIHU/TIMEX)

POLITIK

Gubernur NTT Lantik 5 Bupati-Wabup, Kemendagri: Sabu Raijua Tunggu Kajian Kemenkum-HAM


Masih Beperkara di MK, 83 Bupati/Wali Kota Belum Bisa Dilantik

JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Sebanyak 178 daerah resmi memiliki kepala daerah baru hari ini (26/2). Secara serentak mulai pagi hingga sore ini, para kepala daerah terpilih hasil Pilkada serentak pada Desember 2020 lalu telah menyelesaikan proses administrasi pelantikan.

Untuk Provinsi NTT, dari sembilan Pilkada tahun 2020, Jumat (26/2) sekira pukul 15.00 Wita tadi telah dilantik lima kepala daerah secara langsung oleh Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) di aula Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur, Jl. El Tari.

Lima kepala daerah terpilih tersebut yakni Bupati-Wakil Bupati (Wabup) TTU, Juandi David-Eusabius Binsasi, Bupati-Wabup Sumba Timur, Khristofel Praing-David Melo Wadu, Bupati-Wabup Manggarai, Herybertus Nabit-Heribertus Ngabut, Bupati-Wabup Ngada, Andreas Paru-Raymundus Bena, dan Bupati-Wabup Manggarai Barat, Edistasius Edi-Yulianus Weng.

Setelah prosesi pelantikan Bupati-Wabup, dilanjutkan dengan pelantikan Ketua TP PKK-Ketua Dekranasda lima kabupaten, yakni Kabupaten Sumba Timur, Manggarai, Manggarai Barat, TTU, dan Ngada yang dilakukan oleh Ketua TP PKK/Ketua Dekranasda NTT, Ny. Julie Sutrisno Laiskodat.

Pelaksana tugas (Plt.) Sekretaris Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Maddaremeng menyatakan, 178 kepala daerah yang dilantik hari ini adalah yang masa jabatannya habis pada Februari 2021. Semuanya berada di level kabupaten/kota. “Sebanyak 121 yang tidak ada sengketa dan 57 yang ditolak MK,” ujarnya kemarin (25/2). Untuk tingkat provinsi, pelantikan dilakukan lebih awal oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pelantikan bupati/wali kota dipusatkan di ibu kota provinsi dengan protokol kesehatan dan peserta yang terbatas. Pemda dapat memanfaatkan siaran virtual untuk memberikan kesempatan kepada para pihak yang tidak dapat menyaksikan langsung.

Dengan dilantiknya 178 pasangan kepala daerah hari ini, masih ada 83 kabupaten/kota peserta pilkada 2020 yang belum berganti kepemimpinan. Sementara itu, di level provinsi, masih empat daerah yang belum melaksanakan suksesi kepemimpinan.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri, Benny Irawan menambahkan, pelantikan memang tidak dapat dilakukan serentak di 270 daerah peserta pilkada. Sebab, ada sebagian yang masih beperkara di MK. Ada pula yang belum habis masa jabatannya. ’’Rentang waktu masa akhir jabatan kepala daerah ini tidak sama. Akhirnya serentak itu kita lakukan bertahap,’’ imbuhnya.

Dia berharap, dalam upacara pelantikan hari ini, Pemda menerapkan protokol kesehatan dengan membatasi orang yang masuk ruangan.

Selanjutnya terkait nasib Bupati terpilih Sabu Raijua, Orient P. Riwu Kore yang tersandung kasus dwi kewarganegaraan, Benny memastikan tidak ikut dilantik hari ini (26/2). Sebab, hingga kemarin (25/2) Kemendagri masih menunggu hasil kajian Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM).
’’Sudah bisa dikatakan untuk Sabu Raijua kita belum lakukan pelantikan besok (hari ini, Red),’’ terangnya.

Benny menyatakan tidak mengetahui apa alasan penelusuran di Kemenkum HAM yang berlangsung lama. Dalam dua kali kesempatan rapat bersama, pihaknya telah meminta Kemenkum HAM segera menyampaikan hasil. “Tapi, sampai hari ini belum ada,” tuturnya.

Pelantikan Gubernur

Sementara itu, Presiden Jokowi melantik tiga pasangan gubernur-wakil gubernur di Istana Negara, Jakarta, kemarin. Yakni, Mahyeldi Ansarullah-Audy Joinaldi (Sumatera Barat), Ansar Ahmad-Marlin Agustina (Kepulauan Riau), dan Rohidin Mersyah-Rosjhonsyah (Bengkulu).

Jokowi mengambil sumpah tiga pemimpin daerah itu bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. Penyelenggaraan pelantikan dibatasi untuk menciptakan physical distancing dalam ruangan. Mereka yang ikut seremoni pelantikan juga memakai masker dan face shiled. (far/lyn/riq/c19/fal/jpg/aln)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top