Mulai Maret, Vaksinasi Mandiri Gunakan Vaksin Sinopharm | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Mulai Maret, Vaksinasi Mandiri Gunakan Vaksin Sinopharm


Menteri BUMN, Erick Thohir (tengah) saat mengunjungi PT Bio Farma yang mengatur dan menyiapkan vaksin Covid-19. (FOTO; Istimewa/JPC)

NASIONAL

Mulai Maret, Vaksinasi Mandiri Gunakan Vaksin Sinopharm


JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Pelaksanaan vaksinasi mandiri terus dipersiapkan. Menteri BUMN Erick Thohir menyebut ada 6.644 perusahaan swasta yang berminat terhadap vaksinasi mandiri atau gotong royong.

’’Kadin sudah bilang ada 6.644 perusahaan yang daftar di Kadin yang kurang lebih kebutuhan vaksinnya 7,5 juta,’’ ujarnya kemarin (25/2).

Perusahaan swasta itu membelinya dari pemerintah atau BUMN dan diberikan gratis kepada para pegawai.

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menambahkan, vaksinasi mandiri dimulai Maret. Pelaksanaannya akan menggunakan vaksin Sinopharm dari Tiongkok.

Vaksin Sinopharm untuk vaksinasi mandiri akan masuk secara bertahap. Pada Maret, rencananya ada 2 juta dosis vaksin dari Sinopharm yang masuk ke Indonesia. ’’Jadi, 2 juta ini Maret akan masuk, kita coba 3 juta, itu harapan kita. Nanti semua pegawai bisa langsung divaksin. Kemudian, pada April, Mei, Juni, Juli, itu semua total 15 juta sampai 20 juta vaksin kita dapat,’’ tutur Luhut.

Selain Sinopharm, pasokan vaksin mandiri mungkin datang dari Novavax dan Johnson & Johnson.

Sementara itu, kemarin (25/2) vaksinasi massal untuk wartawan dihelat di Gelora Bung Karno, Jakarta. Vaksinasi diberikan kepada 5.512 jurnalis media cetak, elektronik, maupun daring.

Ketua Dewan Pers Indonesia Muhammad Nuh mengapresiasi terselenggaranya vaksinasi Covid-19 bagi jurnalis. ’’Kami akan terus bergerak ke daerah-daerah. Mereka harus kita pastikan mendapatkan vaksin,’’ ucapnya.

Sementara itu, vaksinasi dengan model drive-thru sedang dikembangkan di Bali untuk wisatawan. Lokasi vaksinasi drive-thru berada di lahan kosong seluas 1 hektare di kawasan Waterbom Bali.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, konsep vaksinasi dengan cara drive-thru merupakan usul CEO Waterbom Bali Sayan Gulino.

’’Jadi, nanti para wisatawan bisa datang ke Bali dan diarahkan untuk melakukan vaksinasi atau yang disebut vaccine based tourism (wisata berbasis vaksin),’’ kata Sandi.

Sementara itu, Jawa Timur (Jatim) menyumbang angka kematian akibat Covid-19 yang terbesar secara nasional. Berdasar data BNPB, tingkat kematian (mortality rate) di Jatim mencapai 6 hingga 7 persen. Padahal, mortality rate di Indonesia hanya berkisar 2 persen.

Kepala BNPB Doni Monardo menyatakan, lebih dari 25 persen angka kematian akibat Covid-19 di Indonesia berasal dari Jatim. Pasien Covid-19 dengan penyakit penyerta (komorbid) menyumbang angka kematian yang cukup tinggi.

Berdasar data yang diberikan Pemprov Jatim, 92 persen pasien Covid-19 yang meninggal adalah orang yang memiliki komorbid kencing manis (diabetesi). Karena itu, Doni meminta Pemprov Jatim mengedukasi masyarakat untuk mengurangi konsumsi gula. ”Pemprov Jatim juga harus melakukan upaya-upaya untuk melindungi warga yang menderita diabetes agar tidak terpapar Covid-19,” katanya dalam zoom meeting dengan sejumlah pemimpin redaksi kemarin (25/2).

Doni menilai usul untuk menyelenggarakan sekolah tatap muka pada saat ini masih berisiko besar. Alasannya, guru dan perangkat sekolah lain sampai saat ini masih belum divaksin. Vaksin untuk guru akan dilakukan setelah vaksinasi pada lansia. Selain itu, tutur Doni, penurunan kasus belum merata di seluruh provinsi.

Doni mencontohkan, kasus Covid-19 di Kalimantan Selatan telah terkendali. Demikian pula halnya di Kalimantan Barat, Bengkulu, dan Bangka Belitung. Sedangkan kasus di Kalimantan Timur terus meningkat sehingga menduduki peringkat kelima nasional setelah Jatim, Jateng, dan DKI Jakarta.

Padahal, pada bulan-bulan awal pandemi, Kalimantan Selatan menyumbang 500 kasus positif dari klaster tablig akbar di Gowa. ”Dari seribu peserta tablig akbar, 50 persen positif dan 68 orang meninggal. Namun saat ini terus menurun setelah dilakukan intervensi,” katanya.

Terkait dengan kekhawatiran mutasi virus, Doni memastikan bahwa pemerintah telah mengantisipasi dengan melarang warga negara asing berkunjung ke Indonesia. Sedangkan WNI yang kembali dari luar negeri diwajibkan melakukan karantina selama 15 hari.

”Sejak kita memperketat pemeriksaan, 4.000 WNI yang kembali dari luar negeri ditemukan positif Covid-19. Selama 1,5 bulan terakhir, 100 orang yang positif selama masa karantina,” jelasnya. (mia/dee/lyn/tau/deb/c19/c9/fal/noe/jpg)

Komentar

Berita lainnya NASIONAL

To Top