3 Maret Vaksinasi Tahap Dua, Sasaran 10.270 Orang Lansia dan Pelayan Publik | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

3 Maret Vaksinasi Tahap Dua, Sasaran 10.270 Orang Lansia dan Pelayan Publik


Wakil Wali Kota Kupang, Herman Man. (FOTO: FENTI ANIN/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

3 Maret Vaksinasi Tahap Dua, Sasaran 10.270 Orang Lansia dan Pelayan Publik


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang siap melaksanakan vaksinasi tahap kedua dengan sasaran masyarakat kategori lanjut usia (Lansia) dan masyarakat yang bekerja pada sektor pelayanan publik.

Wakil Wali Kota Kupang, dr. Hermanus Man, saat diwawancarai di Balai Kota Kupang, Jumat (26/2) mengatakan, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi dengan para pimpinan tempat usaha di Kota Kupang, baik itu, toko, mall maupun pihak perbankan.

Menurutnya, semuanya sementara melakukan pendataan, agar masing-masing pegawai yang bekerja di tempat pelayanan publik bisa dimasukan atau didaftarkan menjadi calon penerima vaksin Covid-19 tahap kedua.

Herman Man menyebutkan, sasaran penerima vaksinasi tahap kedua untuk lansia terdata sebanyak 9.300 orang. Sementara untuk pelayanan publik sebanyak 970 orang. Secara total ada 10.270 orang sasaran vaksinasi tahap kedua.

Selain itu, kata Herman, bagi lembaga dan organisasi serta kantor para pekerja media, wartawan atau jurnalis, juga harus segera memasukkan data wartawan yang ada di Kota Kupang, agar segera menerima vaksinasi tahap kedua.

Pasalnya, sasaran penerima vaksinasi tahap kedua termasuk di dalamnya para pekerja media atau jurnalis.

“Ini data sementara yang akan terus diperbarui sesuai usulan yang masuk dari kantor kantor pelayanan publik maupun dari pihak kelurahan yang mendata warganya yang dikategorikan lansia,” kata Herman.

Herman menambahkan, sebelum pelaksanaan vaksinasi tahap kedua, Walikota Kupang wajib membuat surat pernyataan yang dikirimkan ke Presiden Republik Indonesia. Dalam pernyataan itu harus  jelas tercantum kapan selesai pelaksanaan vaksinasi tahap kedua ini.

“Jadi kepala daerah, dalam hal ini Wali Kota Kupang harus membuat surat pernyataan yang ditujukan kepada presiden, terkait pelaksanaan vaksinasi tahap kedua, dan menjamin bahwa vaksinasi tahap kedua ini berjalan dengan baik, sesuai dengan aturan dan tahapan pelaksanaan dari segi kesehatan,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Kupang, Sri Wahyuningsih mengatakan, sesuai rencana dan petunjuk dari pemerintah pusat vaksinasi tahap kedua akan dimulai di Kota Kupang pada 3 Maret 2021.

Sri mengaku,  pihak Dinas Kesehatan Kota Kupang relah mengambil vaksin di Dinas Kesehatan Provinsi NTT. Jumlah vaksin yang diambil sesuai permintaan yang dimasukkan oleh Dinas Kesehatan Kota Kupang.

Menurut Sri, data penerima vaksinasi tahap kedua dengan kategori lansia sebanyak 10 ribu lebih sasaran. Sementara untuk masyarakat yang bekerja di kantor atau instansi pelayanan publik sebanyak 937 orang.

“Direncanakan tanggal 3 Maret mendatang vaksinasi tahap kedua sudah bisa dimulai tetapi kita masih lihat dinamika yang terjadi di lapangan,” ujarnya.

Dinas Kesehatan Kota Kupang, kata Sri sudah menyiapkan tempat penyimpanan vaksin yakni di gudang Farmasi Dinas Kesehatan Kota Kupang.

Sri menambahkan, untuk vaksinasi tahap pertama dengan sasaran tenaga kesehatan sampai saat ini sudah mencapai 92 persen. “Saat ini masih terus dilakukan vaksinasi tahap pertama tersebut sampai semua sasaran terlayani,” jelas Sri.

Sri mengatakan, untuk pelayanan vaksinasi sendiri, di Kota Kupang sudah ada 26 fasilitas kesehatan yang bisa memberikan pelayanan vaksinasi, termasuk di dalamnya 11 Puskesmas.

Sesuai perencanaan, demikian Sri, pelaksanaan vaksinasi tahap kedua ini bisa berjalan dengan baik dan selesai pada minggu kedua April mendatang.

“Vaksin yang digunakan tahap ke dua ini adalah jenis yang sama yang digunakan pada tahap pertama kemarin, yaitu vaksin Sinovac,” pungkasnya. (mg25)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top