AJI Kota Kupang Terima LPj Pengurus Nasional dengan Sejumlah Catatan | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

AJI Kota Kupang Terima LPj Pengurus Nasional dengan Sejumlah Catatan


Delegasi/peserta AJI Kota Kupang (baris atas, kedua kiri) mengikuti Kongres AJI XI/2021 secara virtual, Sabtu (27/2). (FOTO: Tangkapan layar)

NASIONAL

AJI Kota Kupang Terima LPj Pengurus Nasional dengan Sejumlah Catatan


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Pengurus Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Kupang menyatakan menerima Laporan Pertanggungjawaban (LPj) Pengurus Nasional AJI disertai ucapan terima kasih kepada Ketua Umum, Abdul Manan dan Sekretaris Jenderal (Sekjen), Revolusi Reza yang sukses memimpin AJI Nasional masa bakti 2017-2020.

“AJI Kota Kupang menyampaikan terima kasih kepada Cak Manan (Abdul Manan, Red) dan Bang Revo (Revolusi Reza) yang telah menakhodai AJI Nasional masa bakti 2017-2020 dengan baik, meski harus menghadapi masa pandemi yang begitu sulit dalam menjalankan program organisasi. Kami di AJI Kupang menerima laporan pertanggungjawaban, namun mohon izin untuk memberi sejumlah catatan,” kata Ketua AJI Kota Kupang, Marthen Bana dalam Kongres AJI XII/2021 secara virtual, Minggu (28/2) saat diberi kesempatan menyampaikan pemandangan umum atas Laporan Pertanggungjawaban (LPj) Pengurus AJI Indonesia 2017-2020.

Marthen secara khusus memberi apresiasi kepada Abdul Manan dan Revolusi Reza yang membangun kerja sama dan komunikasi yang baik antara pengurus AJI Nasional dan pengurus AJI Kota Kupang.

Meski begitu, sebut Marthen, AJI Kupang memberi sejumlah catatan terhadap LPJ AJI Nasional masa bakti 2017-2020 terkait dukungan pendanaan program kegiatan AJI Kota Kupang yang kesulitan.

“Selama ini sejumlah program AJI Kupang tidak bisa dilakukan akibat terkendala dana sehingga butuh bantuan AJI Indonesia. Semoga catatan ini menjadi perhatian pengurus nasional yang baru nanti agar dapat memberi dukungan AJI di kota-kota yang kesulitan pendanaan dalam melaksanakan program kegiatan, termasuk Kota Kupang,” harap jurnalis Timor Express ini dalam keterangan tertulis AJI Kota Kupang, Minggu (28/2).

Selain itu, Marthen juga meminta perhatian pengurus nasional untuk mendukung peningkatan kapastitas jurnalis AJI Kupang melalui Uji Kompetensi Jurnalis (UKJ), agar tidak melihat jumlah maksimal anggota atau peserta, tetapi jumlah minimal.

Mengenai aturan dalam AD/ART yang pasalnya mengatur mengenai perekrutan anggota baru, Marthen menyarankan agar AJI Nasional cukup mengatur syarat yang sifatnya umum saja, sedangkan syarat khusus atau teknis diserahkan kepada AJI kota masing-masing.

Untuk diketahui, Kongres AJI XI/2021 ini berlangsung selama dua hari, yakni Sabtu (27/2) dan Minggu (28/2) secara daring atau virtual dengan agenda penyusunan program kerja, penyusunan AD/ART, peraturan organsasi, kode etik/kode perilaku AJI, dan memilih pengurus AJI Nasional periode 2020-2923.

Kongres AJI XI/2021 ini sedianya dilaksanakan Oktober 2020 lalu, namun diundur ke Februari 2021 akibat pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan dunia. (aln)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya NASIONAL

To Top