Peneliti LIPI Ungkap Keunikan Mutasi Virus Korona B117 | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Peneliti LIPI Ungkap Keunikan Mutasi Virus Korona B117


ILUSTRASI. Virus Korona (Mirror/JPC)

NASIONAL

Peneliti LIPI Ungkap Keunikan Mutasi Virus Korona B117


JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Kementerian Kesehatan (Kemenkes) baru saja mengumumkan mutasi virus korona B117 yang ditemukan di Indonesia. Setidaknya, ada dua kasus positif Covid-19 varian B117 asal Inggris yang ditemukan di Indonesia.

Peneliti Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, Wien Kusharyoto menyampaikan, ada yang unik dari virus varian baru tersebut. “Pada protein spike terdapat delapan mutasi asam amino,” katanya Rabu (3/3).

Diantara mutasi asam itu adalah mutasi N501Y dan delesi atau penghilangan dua asam amino H69 dan H70. Kondisi ini yang menyebabkan peningkatan kemampuan virus mutasi B117 untuk menginfeksi sel.

BACA JUGA: Waspada! Varian Virus Korona B117 Asal Inggris Muncul di Karawang

Pada kesempatan sebelumnya dia menuturkan apabila dua sampel varian B117 tersebut ditemukan di suatu daerah tertentu, maka segera diperlukan pelacakan. Tujuannya untuk mengetahui apakah varian atau mutasi B117 itu sudah ditularkan ke orang-orang lain disekitarnya. Setelah itu diperlukan deteksi RT-PCR yang dilanjutkan dengan input data di Whole Genome Sequence (WGS).

’’Kemudian diperlukan pula isolasi dan penanganan yang lebih ketat terhadap mereka yang terinfeksi oleh varian tersebut,’’ tuturnya.

Dia menjelaskan sampai saat ini hasil WGS dari keuda sampel tersebut belum ada di laman GISAID. Dia menduga besar kemungkinan bahwa varian tersebut masuk ke Indonesia dari kasus di luar negeri. (jpc/jpg)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya NASIONAL

To Top