Pasca Penerapan PPnMB Nol Persen, Konsumen Daihatsu di Kupang Meningkat | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Pasca Penerapan PPnMB Nol Persen, Konsumen Daihatsu di Kupang Meningkat


SHOWROOM DAIHATSU. Tampak Kepala Cabang Showroom Mobil Daihatsu pose disamping satu unit mobil Daihatsu yang sudah dipesan konsumen untuk dibeli dalam waktu dekat. Gambar diabadikan Kamis (4/3). (FOTO: BORGIAS KOLLO/TIMEX)

BISNIS

Pasca Penerapan PPnMB Nol Persen, Konsumen Daihatsu di Kupang Meningkat


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Keputusan Pemerintah memberlakukan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) nol persen mulai 1 Maret 2021 berhasil menumbuhkan minat konsumen produk mobil Daihatsu di NTT. Betapa tidak, hingga Kamis (4/3) siang, belasan mobil Daihatsu berbagai tipe dengan kapasitas mesin dibawah 1500cc sudah siap dibeli konsumen.

“Antusiasme customer banyak sekali. Umumnya lebih banyak dari Kota Kupang,” ungkap Kepala Cabang Showroom Daihatsu Kupang, Richard Saputra saat dikonfirmasi wartawan di ruang kerjanya, Kamis (4/3) siang.

Meningkatnya minat konsumen mobil Daihatsu ini menurut Saputra, mulai tumbuh sejak awal Januari 2021, menyusul adanya rencana penghapusan PPnBM oleh pemerintah pusat sejak Desember 2020 lalu.

“Banyak orang sudah tahu sejak Desember 2020 lalu bahwa akan ada penghapusan PPnBM. Jadi, mulai Januari, customer ramai-ramai pesan mobil yang mau dibeli,” kata Richard Saputra.

BACA JUGA: PPnBM Nol Persen, Siap-siap Beli Mobil pada Maret-Mei

BACA JUGA: Ini Jenis Mobil Baru yang Bebas Pajak Penjualan Mulai Bulan Depan

Richard Saputra menyebutkan, hingga Kamis (4/3) siang, jumlah mobil yang siap dibeli konsumen sebanyak 16 unit. Umumnya mobil subsidi PPnBM yang siap dibayar pembeli lebih banyak jenis Terios. “Dari 16 unit mobil yang sudah dipesan customer, sembilan unitnya merk Terios, sisanya Xenia dan mini bus Grand Max,” beber Richard.

Dijelaskan, besarnnya penurunan harga jual mobil Daihatsu yang terjadi pasca penghapusan PPnBM oleh pemerintah pusat mencapai Rp 17 juta lebih. Penurunan harga ini diluar diskon harga sebesar dari harga jual mobil Daihatsu yang diberlakukan selama ini.

“Kalau dibilang perusahaan rugi akibat pemberlakuan nol persen PPnBM sebenarnya tidak. Justru perusahaan diuntungkan, customer juga diuntungkan karena yang dihapus adalah pajak yang seharusnya dibayar kepada negara,” ujarnya. (ogi)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya BISNIS

To Top