Bupati TTU dan Forkopimda Tinjau Sasaran TMMD 110, Ini Harapan David Djuandi | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Bupati TTU dan Forkopimda Tinjau Sasaran TMMD 110, Ini Harapan David Djuandi


TINJAU LOKASI. Bupati TTU, David Djuandi didampingi Dandim 1618/TTU, Letkol Arm Roni Junaidi dan pimpinan Forkopimda saat meninjau lokasi sasaran TMMD 110 di Desa Motadik, Kecamatan Biboki Anleu, Jumat (5/3). (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Bupati TTU dan Forkopimda Tinjau Sasaran TMMD 110, Ini Harapan David Djuandi


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Bupati TTU, David Djuandi bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat melakukan peninjauan terhadap sasaran kegiatan Tentara Menunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 di Desa Motadik, Kecamatan Biboki Anleu, Jumat (5/3).

Dalam peninjauan itu, Bupati David bersama Dandim 1618/TTU Letkol Arm Roni Junaidi, Ketua DPRD TTU, Hendrikus Frederikus Bana, Kapolres TTU AKBP Nelson Filipe Diaz Quintas bersama pimpinan perangkat daerah di TTU melihat langsung beberapa sasaran fisik TMMD 110 di wilayah setempat.

Bupati David kepada Timor Express, Jumat (5/3) menuturkan, pemerintah daerah mendukung penuh pelaksanaan kegiatan TMMD dari Kodim 1618/TTU yang dilaksanakan sekali setiap tahun di TTU.

Dikatakan, dukungan pemerintah itu dinyatakan dengan adanya alokasi anggaran yang dibebankan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) TTU melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) sebesar Rp 1 miliar.

“Kita setiap tahun selalu mendukung kegiatan TMMD, untuk itu kita dari Pemda alokasikan sebagian dana APBD dan tahun ini sangat luar biasa. Kita harapkan bukan saja kegiatan fisik tetapi perlu juga pembangunan manusianya, soal rasa nasionalisme ideologi pancasila sehingga masyarakat kita memahami dengan baik,” tutur Bupati David.

Terkait kekurangan ruang kelas di SDN Manune, Bupati David mengaku, Pemkab TTU akan mengalokasikan anggaran melalui APBD untuk membangun fasilitas ruang kelas.

Sementara untuk tenaga pendidik, kata Bupati David, pihaknya akan menempatkan guru PNS juga guru PTT untuk mendidik para peserta didik yang menimba ilmu di sekolah tersebut.

BACA JUGA: Bupati David Resmi Buka TMMD Ke-110, TNI Apresiasi Dukungan Pemda

“Satu SD itu minimal tujuh ruangan dengan rincian, enam ruang kelas, dan satu ruang guru. Untuk guru itu harus enam guru kelas, guru agama, dan guru olahraga. Sehingga untuk kekurangan ruang kelas dan tenaga guru akan kita tanggulangi melalui APBD II Kabupaten TTU,” jelasnya.

Sementara, Dandim 1618/TTU Letkol Arm Roni Junaidi kepada Timor Express, Jumat (5/3) mengatakan, pelaksanaan TMMD dilakukan dalam tiga aspek, yakni aspek aspirasi, dimana menyesuaikan dengan hasil Musrembangdes tahun 2020 lalu.

Selain itu, pelaksanaan TMMD 110 itu juga berpatokan pada aspek skala prioritas yang mendukung percepatan pembangunan di daerah setempat, khususnya di bidang pendidikan dan ekonomi.

Selain dua aspek itu, Lanjut Roni, Ada juga aspek strategis karena masyarakat Desa Motadik akan menikmati sarana prasarana jalan dan bangunan gedung sekolah dengan pendekatan pelayanan.

“Jadi tiga aspek tadi sudah mencerminkan lokasi pelaksanaan TMMD 110 di Desa Motadik bisa bermanfaat. Selain pembangunan gedung sekolah, ada juga pembangunan rabat jalan sepanjang 375 meter, dimana jalur tersebut bisa dilalui oleh siswa SDN dan para guru dengan baik ketika sudah selesai dibangun,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Desa Motadik, Ambrosius Ulu Aman menyampaikan terima kasih kepada Pemkab TTU yang telah mendukung percepatan pembangunan di desa itu melalui kegiatan TMMD 110 yang dilaksanakan oleh Kodim 1618/TTU.

Dikatakan, Pemerintah Desa Motadik bersama masyarakat setempat bersedia membantu tim dari Satgas TMMD 110 dalam pelaksanaan sejumlah item kegiatan, baik itu kegiatan fisik maupun kegiatan non fisik. Pelaksanaan TMMD di Desa Motadik pula sebagai wujud nyata dalam menggali kembali nilai gotong royong yang sudah hampir punah.

“Kami sangat berterima kasih karena pemerintah daerah sudah mendukung percepatan pembangunan di Desa Motadik melalui TMMD. Kami juga menyampaikan terima kasih kepada Kodim 1618/TTU yang telah memilih desa ini sebagai sasaran TMMD,” pungkasnya. (mg26)

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top