Ditlantas Polda NTT Luncurkan Samsat Delivery Pertengahan Maret, Ini Tujuannya | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Ditlantas Polda NTT Luncurkan Samsat Delivery Pertengahan Maret, Ini Tujuannya


Dirlantas Polda NTT, Kombes Pol. Iroth Laurens Ricky. (FOTO: BORGIAS KOLLO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Ditlantas Polda NTT Luncurkan Samsat Delivery Pertengahan Maret, Ini Tujuannya


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) memprogramkan peluncuran Samsat Delivery pada pertengahan Maret ini. Program ini merupakan wujud dukungan Ditlantas Polda NTT untuk program 100 hari kerja Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

“Kalau semua urusannya lancar, mudah-mudahan pertengahan Maret ini kita launching Samsat Delivery,” ungkap Dirlantas Polda NTT, Kombes Pol. Iroth Laurens Ricky saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (5/3) siang.

Menurut Iroth, Samsat Delivery ini akan diberlakukan di seluruh Polres lingkup Polda NTT. Tujuannya untuk mempermudah sekaligus mempercepat urusan pembuatan surat izin mengemudi (SIM), pengurusan surat-surat kendaraan seperti, BPKB, STNK, dan TNKB, dimana selama ini cukup menguras waktu dan tenaga.

“Dengan Samsat Delivery, masyarakat, yakni sopir yang mau urus SIM atau pemilik kendaraan yang mau urus BPKB, STNK maupun TNKB tidak perlu sibuk datang di kantor. Tinggal tunggu di rumah nanti ada petugas yang datang antar dokumennya di rumah,” jelas Kombes Iroth.

Cara mendapatkan pelayanan melalui Samsat Delivery, jelas Kombes Iroth, yaitu masyarakat membutuhkan pelayanan Samsat tinggal mengirim SMS ke nomor 3130 dengan mengisi format SAMSAT (spasi) nomor polisi (spasi) lima nomor terakhir nomor mesin atau rangka. Contoh SAMSAT DH1234AA 12345.

“Ini contoh pembayaran pajak kendaraan bermotor. Kalau sms berhasil maka akan ada balasan SMS berupa kode billing (kode bayar),” jelas Dirlantas Polda NTT.

Mengenai pembayaran pajak, Kombes Iroth mengatakan, wajib pajak kendaraan bermotor tahunan dapat menggunakan kode billing (kode bayar) melalui teler/ATM/EDC/mobile banking Bank NTT berlaku 14 hari setelah tanggal pembayaran.

“Struk bukti pembayaran melalui teler/ATM/EDC/mobile banking Bank NTT berlaku 14 hari tanggal pembayaran. Kalau sudah ada bukti pembayaran, segera tukar bukti bayar ke SKPD dan lakukan pengesahan STNK kepada petugas saat pengantaran dokumen,” urainya.

Khusus pengurusan SIM, BPKB, STNK, dan TNKB, Kombes Iroth memastikan urusannya akan cepat dan mudah tanpa berbelit-belit. “Saya akan pantau pengurusannya. Karena itu saya pastikan tujuan dari Samsat Delivery pasti tercapai. Masyarakat pasti dapat pelayanan lebih mudah, cepat, dan tanpa berbelit-belit,” tandas Kombes Iroth.

Kombes Iroth menambahkan, selama ini salah satu kendala lambannya urusan pelayanan SIM dan administrasi kendaraan bermotor adalah peran pihak ketiga yakni calo. Karena itu, Dirlantas mengimbau kepada masyarakat yang akan mengurus SIM atau administrasi kendaraan bermotor agar menghindari praktik percaloan. “Sebaiknya urus sendiri, hindari pihak lainya yang mencari keuntungan pribadi dalam urusan SIM atau administrasi kendaraan. Justru urusanmu akan lambat kalau pakai calo,” tegasnya. (ogi)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top