Bupati, Ketua DPRD, Kajari dan Kapolres Lolos Skrining Vaksin, Wabup Belum | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Bupati, Ketua DPRD, Kajari dan Kapolres Lolos Skrining Vaksin, Wabup Belum


TERIMA VAKSIN. Kajari TTU, Roberth Jimy Lambila didampingi Kasi Intel Kajari TTU, Benfrid C. Foeh menerima suntikan vaksin Covid-19 dari petugas medis di Puskesmas Sasi, Kefamenanu, Sabtu (6/3). (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Bupati, Ketua DPRD, Kajari dan Kapolres Lolos Skrining Vaksin, Wabup Belum


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Bupati Timor Tengah Utara (TTU), David Djuandi bersama Ketua DPRD TTU, Hendrikus Frederikus Bana, Kajari TTU, Roberth Jimy Lambila dan Kapolres TTU, AKBP Nelson Filipe Diaz Quintas menerima suntikan vaksin Covid-19 dosis pertama program vaksinasi tahap kedua bertempat di aula Puskesmas Sasi, Kecamatan Kota Kefamenanu, Sabtu (6/3).

Para pejabat pemerintah ini bisa menerima vaksin setelah lolos tahapan skrining oleh tenaga medis. Sementara Wakil Bupati (Wabup) TTU, Eusabius Binsasi yang mestinya ikut menerima vaksin, belum diizinkan karena tak lolos skrining sebagai penerima vaksinasi.

“Vaksin ini untuk pejabat esensial yang belum mendapatkan vaksin Covid-19. Ada 5 pejabat esensial yang mau divaksin tapi hanya empat yang lolos, sedangkan Wakil Bupati belum bisa karena kondisi kesehatan,” ungkap Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 TTU, Kristoforus Ukat kepada Timor Express, di Kefamenanu, Sabtu (6/3).

Selain pejabat esensial, kata Kristo Ukat, ada juga ajudan Bupati dan Wabup serta ASN lainnya yang divaksin Covid-19 dalam kapasitas sebagai pelayan publik.

Kristo Ukat berharap, seluruh ASN yang akan divaksin dapat menyampaikan secara terbuka kepada petugas medis gejala ataupun penyakit yang diderita sehingga diuji atau diskrining untuk memastikan apakah layak atau tidak menerima vaksin.

“Kita harus terbuka sampaikan kondisi kesehatan kita kepada tenaga medis sehingga tidak ada hal-hal yang diinginkan terjadi saat vaksinasi,” katanya.

Bupati TTU, David Djuandi kepada Timor Express, Sabtu (6/3) mengatakan, program vaksinasi yang dicanangkan pemerintah tersebut, wajib didukung dan diikuti seluruh masyarakat lantaran program tersebut bertujuan menekan angka penularan virus yang hingga saat ini masih menjadi persoalan global.

David menjelaskan, selain menyukseskan pelaksanaan program vaksinasi, keikutsertaanya dalam program vaksinasi itu bertujuan meyakinkan sekaligus menghilangkan rasa cemas serta kekhawatiran masyarakat terkait informasi-informasi hoax mengenai program vaksin itu.

“Bagi masyarakat yang selama ini takut untuk divaksin, jangan lagi takut, semut sengat lebih sakit daripada saat divaksin. Vaksin ini bagus sekali,” ungkapnya.

David menambahkan, meskipun pemerintah telah mencanangkan program vaksinasi sebagai upaya untuk menekan angka penularan Covid-19, namun penerapan protokol kesehatan tetap wajib untuk ditaati dan dilaksanakan.

“Bukan berarti setelah divaksin kita sudah bebas dari Covid-19 ini. Kita harus tetap memperhatikan dan menaati protokol kesehatan, dengan tetap menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak,” jelasnya.

Sementara, Kajari TTU, Roberth Jimy Lambila kepada Timor Express, Sabtu (6/3) mengatakan, masyarakat tidak boleh takut untuk divaksin. Pasalnya, setelah dilakukan vaksinasi pihaknya tidak merasa adanya reaksi negatif dalam tubuhnya.

Dikatakan, vaksin yang diberikan akan membentuk kekebalan kelompok. Semakin banyak kelompok yang kebal, maka akan menghambat perkembangan transmisi virus Covid-19.

Kajari Robert berharap masyarakat TTU mendukung suksesnya program vaksinasi agar tercipta komunitas yang kebal Covid-19. “Tidak usah merasa takut karena kami tidak merasa apa-apa. Jarum masuk dan langsung divaksin dan selesai. Kurang lebih hanya lima detik. Dengan vaksinasi ini akan membentuk kekebalan kelompok. Semakin banyak kelompok yang kebal, maka akan menghambat perkembangan transmisi virus ini. Kita berharap kepada masyarakat semua agar bisa mendukung agar tercipta komunitas yang kebal Covid-19,” harapnya. (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top