Lantik Puluhan Kades, Bupati Rote Ndao: Bangun Desa Jadi Lebih Baik | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Lantik Puluhan Kades, Bupati Rote Ndao: Bangun Desa Jadi Lebih Baik


LANTIK KADES. Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu (kiri) saat melantik para Kades di alun-alun Rujab, akhir pekan lalu. (FOTO: ISTIMEWA)

PEMERINTAHAN

Lantik Puluhan Kades, Bupati Rote Ndao: Bangun Desa Jadi Lebih Baik


BA’A, TIMEXKUPANG.com-Bupati Rote Ndao, Paulina Haning Bullu, telah melantik dan mengambil sumpah 65 dari 67 Kepala Desa (Kades) terpilih, hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) pada 19 Desember 2020 lalu. Proses pelantikan dilakukan secara marathon selama empat hari berturut-turut, dimulai Rabu (3/3) hingga Sabtu (6/3), dipusatkan di alun-alun Rumah Jabatan (Rujab) Bupati setempat.

Dalam sambutanya, Bupati Paulina, mengharapkan para Kades tidak menciptakan perpecahan di wilayahnya masing-masing karena hasil Pilkades. Harapan tersebut terus disampaikan Bupati Paulina disetiap tahapan prosesi pelantikan.

Bahkan, Bupati Paulina menyarankan agar setiap Kades yang telah dilantik, dapat merangkul semua masyarakat dengan menjalin hubungan kerja sama yang baik. Sudahi semua gesekan saat kontestasi Pilkades, dann fokus bersama masyarakat membangun Kabupaten Rote Ndao dari desanya masing-masing.

“Pilkades sudah selesai, dan Kepala Desa yang dilantik ini adalah untuk semua masyarakat desa. Jangan ada lagi kotak-kotak, untuk membangun desa menjadi lebih baik,” pesan Bupati Paulina.

Sebagaimana terpantau media ini, acara pelantikan dimulai dari Kecamatan Lobalain, Rabu (3/3). Sebanyak 10 Kades dilantik dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Setiap peserta, baik Kades yang dilantik, pendamping, saksi serta rohaniawan, wajib menunjukan hasil rapid test, dengan status bebas Covid-19 baru diizinkan masuk ke area pelantikan.

10 Kades di Kecamatan Lobalain:
1. Melkianus Bessie, Kades Holoama
2. Matheos Bailao, Kades Sanggaoen
3. John Baidenggan, Kades Oelunggu
4. Adrik Mandala, Kades Oeleka
5. Obbie Suek, Kades Lekunik
6. Kades Bebalain, Alfa M. Zacharias
7. Kades Loleoen, Joni Tasilima
8. Kades Kolobolon, Ezaf Mbuik
9. Kades Kuli, Junus Oktovianus Dillak
10. Kades Kuli Aisele, Yermias Thine.

Selanjutnya, di hari kedua pelantikan, Kamis (4/3), Bupati Paulina, melantik tujuh Kades dari wilayah Kecamatan Rote Barat Laut. Mereka yang dilantik adalah:

1. Kades Netenain, Jacob Foes
2. Oetutulu, Yohanis Suek
3. Tualima, Defri Adrino Talamanafe
4. Hundihuk, Yunus Modok
5. Saindule, Mikael Opniel Leli
6. Busalangga Barat, Mikael Arnolus Lutte
7. Busalangga Timur, Hanry Deselvod Adu

Sedangkan, untuk Kades di wilayah Kecamatan Rote Timur, Rote Selatan, dan Rote Tengah, pelantikan dilakukan secara bersamaan atau digabung. Jumlahnya sebanyak 12 Kades.

Rinciannya, lima Kades dari Kecamatan Rote Timur dan Rote Selatan. Yakni:

1. Sefnat Danial Bolla, Kades Lakamola
2. Desri Hengkimus Suki, Kades Mukekuku
3. Gersom Dafa, Kades Batefalu
4. Sugiarto F. A. Azhari; Kades Papela
5. Reskial Daud Teluain, Kades Matanae di Kecamatan Rote Timur

Dari Kecamatan Rote Selatan, yang dilantik adalah:

1. Mesak Jeferson Ndun, Kades Tebole
2. Maksi Supriadi Siokain, Kades Daleholu
3. Joni Dethan, Kades Lenguselu
4. Urbanus D. Sinlae, Kades Neggelodae
5. Yoliansi Y. Ch. Dethan, Kades Pilasue

“Kades dari Kecamatan Rote Tengah, hanya dua orang, yakni Kades Nggodimeda, Welkis Ballo, dan Dominikus Manafe, Kades Siomeda, yang dilantik pada Jumat (5/3) bersama 10 Kades dari Kecamatan Rote Timur dan Rote Selatan,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Rote Ndao, Yames M. K. Therik, ketika dikonfirmasi TIMEX, Minggu (7/3).

Pelantikan selanjutnya, dilakukan secara marathon, untuk lima Kecamatan, Sabtu (6/3) dengan jumlah Kades yang dilantik sebanyak 36 orang. Karena menerapkan protokol kesehatan, sehingga jumlah tersebut dibagi dalam dua sesi pelantikan, yakni pagi dan sore hari.

PASANG SENDIRI. Para Kades menyematkan tanda/lambang garuda secara bersamaan yang dilakukan masing-masing. Prosesi sedikit berbeda dari biasanya, karena pertimbangan pandemi Covid-19. (FOTO: Alan Tanamal for TIMEX)

Untuk 15 Kades yang berasal dari wilayah Kecamatan, Pantai Baru, Landu Leko dan Ndao Nuse, dijadwal dengan waktu pelantikannya di pagi hari. Mereka adalah:

1. Gipson Ronaldi Manuk, Kades Oeledo
2. Jeki Darius Seni, Kades Tesabela
3. Yance Abraham Polin, Kades Tungganamo
4. Jacob Mesang, Kades Lenupetu
5. Apronel Malesy, Kades Ofalangga
6. Amirul Kasopa, Kades Oenggae
6. Stefen Julianus Beda, Kades Lekona, di Kecamatan Pantai Baru

Ditambah masing-masing empat Kades dari dua wilayah Kecamatan, yakni Kecamatan Landu Leko dan Ndao Nuse. Untuk Kecamatan Landu Leko, empat Kades itu adalah:

1. Heber Laorens Ferroh, Kades Daima
2. Ermi Daik, Kades Pukuafu,
3. Jecsom Adolof Faah, Kades Lifuleo
4. Pildas B. Oan, Kades Tenalai

Kades dari wilayah Kecamatan Ndao Nuse, yakni:

1. Abraham Bunga, Kades Mbali Lendeiki
2. Arni Mbatu, Kades Mbiu Lombo
3. Herson Pasole, Kades Nuse
4. Ibrahim Sereh, Kades Anarae

Pelantikan sesi berikutnya, dilakukan terhadap 21 Kades, yang berasal dari wilayah Kecamatan Rote Barat Daya dan Loaholu. Kades dari Kecamatan Rote Barat Daya adalah:

1. Andri Adu, Kades Oehandi
2. Chornelis Ma’a, Kades Oebatu
3. Maxi Y.M. Narang, Kades Batutua
4. Yeskiel Nalle, Kades Lekik
5. Johanis Sanda, Kades Kades Mbokak
6. Matheos Yermia Octavianus, Kades Oelasin
7. Iskandar Messah, Kades Landu
8. Jermias Mbori, Kades Sakubatun
9. Aryanto Pandie, Kades Dalek Esa
10. Semuel Haning, Kades Sanggadolu
11. Nithanel Pandie, Kades Fuafuni

Sedangkan dari wilayah Kecamatan Loaholu,

1. Julius Elimanafe, Kades Tolama
2. Mikael Henuk, Kades Oelua
3. Markus Pah, Kades Oebela
4. Dominggus Fanggi, Kades Boni
5. Agustinus Ello, Kades Lidor
6. Dominggus Ndolu, Kades Balaoli
7. Isak Dea, Kades Tasilo
8. Daud Nafi, Kades Oebole,
9. Anderias Poi, Kades Holulai
10. Bernadus A. Filli, Kades Mundek

“Kami gabung beberapa Kecamatan dalam pelaksanaan pelantikan Kades, dengan tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan,” kata Kadis Yames.

Menurutnya, model pelantikan dengan menggabung beberapa wilayah Kecamatan seperti ini bertujuan mempercepat proses pelantikan, juga mempertimbangkan agenda pemerintahan lain yang dilakukan oleh Bupati.

Yames menyebutkan, Dinas PMD sebagai penyelenggara kegiatan, menjadwalkan waktu pelantikan yang dimulai dari Kecamatan Lobalain pada Rabu (3/3), lalu Rote Barat Laut pada Kamis (4/3), kemudian Rote Tengah dan Rote Selatan pada Jumat (5/3), dan Kecamatan Pantai Baru serta Ndao Nuse pada Sabtu (6/3). Hari ini, Senin (8/3) prosesi pelantikan dilanjutkan untuk Kecamatan Loaholu, lalu Kecamatan Rote Timur dan Landu Leko pada Selasa (9/3), dan terakhir wilayah Kecamatan Rote Barat Daya, dihelat Rabu (10/3).

Menariknya, proses pelantikan itu dibalut dalam tema ‘Nasionalisme yang Membudaya’ yang ditunjukan melalui penampilan para kades bersama pendampinya melalui busana yang dikenakan.

Perpaduan warna Merah dan Putih, yang mewakili simbol Nasionalisme, terpatri dalam semangat Kades yang dilantik. Selanjutnya, diharapkan untuk diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas-tugas pelayanan, di wilayah desa yang dipimpinya.

Sedangkan untuk warna merah, yang dikenakan pendamping Kades, dipadukan dengan kain khas bermotif daerah, yakni selendang kecil diletakan di pundak kiri, dan rok yang kebanyakan termodififikasi dengan tenunan asli Rote Ndao. Ditambah habas, aksesories yang digunakan di leher, menggambarkan betul semangat ini. Nasionalisme itu terbingkai nyata, dalam budaya, yang datangnya dari ujung paling Selatan NKRI.

“Saya pakai Pakaian Dinas Upacara (PDU), dan istri, baju Rote warna Merah, dengan selendang dan rok bermotif daerah. Itu asli dari Ndao, yang ditenun sendiri,” kata Abraham Bunga, Kades Mbali Lendeiki, kepada TIMEX usai pelantikanya. (mg32)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PEMERINTAHAN

To Top