Israel, Tiongkok, dan Paspor Virus | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Israel, Tiongkok, dan Paspor Virus


APLIKASI VAKSINASI. Warga Israel menunjukkan aplikasi status vaksinasi warga negara itu. (FOTO: JACK GUEZ/AFP/JawaPOs.com)

OTO & TEKNO

Israel, Tiongkok, dan Paspor Virus


BEIJING, TIMEXKUPANG.com-Tiongkok meluncurkan sistem yang dapat mendeteksi status vaksinasi seseorang. Mereka yang sudah dua kali divaksin dan memiliki kekebalan terhadap Covid-19 bisa melakukan perjalanan internasional.

Dilansir DW, program sertifikat kesehatan digital untuk para pelancong tersebut belum diwajibkan. Saat ini program itu hanya bisa diakses penduduk Tiongkok. ”Sertifikat itu didistribusikan untuk mendukung pemulihan ekonomi dunia dan memfasilitasi perjalanan lintas perbatasan.” Demikian bunyi pernyataan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok kemarin (9/3).

Aplikasi yang digadang sebagai paspor vaksin pertama di dunia itu bakal tersedia di platform media sosial WeChat. Tapi, jika paspor tersebut sama-sama berlaku lokal, Israel lebih dulu punya. Lebih dari sepekan lalu, Israel merilis aplikasi yang menunjukkan status vaksinasi seseorang. Pemegang green pass itu boleh masuk ke museum, gym, hotel, bioskop, dan tempat konser.

Israel hanya berpenduduk 9 juta jiwa dan separo penduduknya telah divaksin. Sementara itu, baru 3,65 persen dari 1,4 miliar jiwa penduduk Tiongkok yang tervaksin. (sha/c14/ttg/jpg)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya OTO & TEKNO

To Top