Yonarmed 6/3 Kostrad Beri Yankes kepada Masyarakat Perbatasan | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Yonarmed 6/3 Kostrad Beri Yankes kepada Masyarakat Perbatasan


PELAYANAN KESEHATAN. Tim Medis Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonarmed 6/3 Kostrad, saat memberi pelayanan kesehatan kepada seorang lansia di Desa Fatutasu, Kecamatan Miobar, TTU, kemarin (12/3). (FOTO: ISTIMEWA)

KABAR FLOBAMORATA

Yonarmed 6/3 Kostrad Beri Yankes kepada Masyarakat Perbatasan


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Prajurit TNI dari Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-RDTL, Sektor Barat Yonarmed 6/3 Kostrad menggelar pelayanan kesehatan (Yankes) keliling bagi masyarakat yang bermukim sepanjang garis perbatasan.

Kali ini Tim Medis Satgas Pamtas RI-RDTL Yonarmed 6/3 Kostrad itu melakukan pelayanan awal di masa bertugas menyasar masyarakat di Desa Fatutasu, Kecamatan Miomafo Barat, TTU.

Dokter Satgas Pamtas RI-RDTL Yonarmed 6/3 Kostrad, Letda CKM dr. Andri Markhoni, Jumat (12/3) mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk perwujudan bakti TNI kepada masyarakat khususnya di daerah perbatasan.

Adapun sasaran dari kegiatan tersebut yakni warga yang mempunyai keterbatasan sarana dan prasarana serta kondisi sosial. Melalui bantuan tim medis dari Satgas Pamtas Yonarmed 6/3 Kostrad, diharapkan dapat meningkatkan kondisi kesehatan masyarakat di daerah perbatasan.

“Kita ingin membantu masyarakat yang punya keterbatasan sehingga bantuan kita itu benar-benar tepat sasaran,” ungkap dr. Andri.

Menurut dr. Andri, yankes kepada masyarakat di sepanjang garis perbatasan merupakan kebutuhan yang sangat mendasar dan penting dilakukan untuk menunjang keberlangsungan hidup masyarakat setempat.

Untuk kelancaran kebutuhan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, lanjutnya, tim medis melakukan pola pendekatan langsung dengan metode mendatangi rumah warga satu persatu atau pola door to door

Dokter Andri meyakini, dengan metode pelayanan kesehatan ini, selain mendekatkan pelayanan, kegiatan tersebut juga digunakan sebagai ajang silaturahmi TNI, khususnya Satgas Pamtas Sektor Barat Yonarmed 6/3 Kostrad untuk dekat dengan masyarakat.

“Metode pelayanan kesehatan dengan mendatangi masing-masing rumah warga, bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kesehatan. Selain itu juga, sebagai kesempatan bagi kami yang baru bertugas untuk menjalin komunikasi yang baik antara masyarakat dengan TNI, serta masyarakat juga dapat mengetahui kondisi kesehatannya secara rutin,” jelasnya.

Dalam pelaksanaan tersebut tidak lupa personil kesehatan satgas mengimbau kepada warga agar tetap mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19 serta tidak segan-segan melapor ke Pos apabila mengalami gangguan kesehatan.

Salah seorang warga Fatutasu, Modesta Apuh, menyampaikan apresiasi dan trima kasih kepada TNI, khususnya Satgas Pamtas RI-RDTL, Sektor Barat Yonarmed 6/3 Kostrad, yang begitu peduli terhadap kesehatan masyarakat di desanya.

Ia mengatakan, salah satu kebutuhan mendasar masyarakat desa setempat sejauh ini adalah kesehatan karena faktor akses dan kondisi ekonomi masyarakat menjadi penghalang.

“Kami sangat berterima kasih kepada tim medis dari Satgas Pamtas Yonarmed 6/3 Kostrad yang sudah memberikan pelayanan kesehatan secara gratis kepada kami. Kegiatan ini sangat berarti bagi kami,” jelasnya. (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top