PWPM NTT Gelar Muswil VIII secara Daring, Amin Tahir: Pilih Figur yang Amanah | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

PWPM NTT Gelar Muswil VIII secara Daring, Amin Tahir: Pilih Figur yang Amanah


Ketua PWPM NTT periode 2014-2018, Amin Tahir. (FOTO: Imran Liarian/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

PWPM NTT Gelar Muswil VIII secara Daring, Amin Tahir: Pilih Figur yang Amanah


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Pimpinan Wilayah Pemuda Muhamadiyah (PWPM) NTT menyelenggarakan Musyawarah Wilayah (Muswil) VIII yang dilaksanakan secara daring, kemarin (13/5).

Mengusung tema “Meneguhkan Eksistensi Moral dalam Mewujudkan NTT Berkemajuan”, salah satu agenda Muswil ini adalah memilih Ketua PWPM NTT periode 2018-2022.

“Secara pribadi saya berpesan ketika terpilih menjadi Ketua PWPM NTT nanti jangan pernah merasa itulah yang telah didukung oleh Amin Tahir, melainkan dukungan para Musyawwirin. Kepada saudara-saudaraku yang belum sempat terpilih jangan pernah merasa tidak didukung oleh Amin Tahir, melainkan belum ada kesempatan yang diberikan musyawwirin. Jadi tidak ada putra mahkota di sini. Pilih figur yang amanah,” tegas Amin Tahir, Ketua PWPM NTT periode 2014-2018 saat memberikan sambutan secara daring yang berpusat di Gedung Dakwah, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, Sabtu (13/5).

Amin Tahir, mengharapkan kegiatan muswil ini dapat berjalan dengan baik dan berlandaskan azaz demokrasi. Dengan demikian melalui forum muswil ini semoga dapat melahirkan gagasan-gagasan produktif yang menjadi amanat program kerja kepengurusan periode berikutnya yang akan menjawab kebutuhan organisasi Pemuda Muhammadiyah khususnya di wilayah NTT.

“Melalui forum yang demokratis ini pula, kami meyakini bahwa siapapun yang nantinya terpilih menjadi formatur bahkan ketua untuk menahkodai organisasi ini, dapat membawa organisasi Pimpinan Pemuda Muhammadiyah Nusa Tenggara Timur ke arah yang lebih baik,” harapnya.

Amin menambahkan, forum muswil ini tentu tidaklah sekedar untuk menentukan siapa-siapa yang akan menjadi formatur melainkan lebih dari pada itu masih ada agenda lainnya sebagai satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan yaitu penyampaian laporan pertanggungjawaban pengurus, pembahasan, dan penyusunan program kerja serta pembahasan agenda strategis organisasi lainnya. “Ini tentu juga perlu ikuti secara saksama,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Muswil VIII, Ismail Hamzah dalam laporannya menyatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah mengevaluasi kerja pimpinan wilayah Pemuda Muhammadiyah NTT periode 2014-2018. Membahas program kerja dan isu-isu strategis baik skala lokal maupun nasional. Membahas permasalahan aktual organisasi Pemuda Muhammadiyah dan Persyarikatan Muhammadiyah serta memilih Ketua dan Formatur periode 2018-2022. “Kegiatan ini dilaksanakan pada 13 Maret hingga 15 Maret 2021 secara daring menggunakan aplikasi zoom meeting,” katanya.

Peserta dalam kegiatan ini sebanyak 255 orang, terdiri dari Badan Pengurus Harian, Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah NTT, 15 Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM), dan 49 Pimpinan Cabang Pemuda Muhamammdiyah (PCPM).

Dijelaskan, Pemuda Muhammadiyah merupakan salah satu organisasi otonom Muhammadiyah yang di dalamnya terintegrasi berbagai komponen anak muda sebagai penerus perjuangan. Pemuda muhammadiyah dituntut aktif dalam mengemban amanah dakwah.

Sebagai sarana regenerasi dan reorganisasi Pemuda Muhammadiyah dalam anggaran dasar memiliki serangkaian mekanisme, salah satunya adalah melaksanakan Muswil Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah NTT sebagai sebuah wujud tanggung jawab dan komitmen moral dalam menjawab kepentingan pendalaman nilai-nilai keagamaan di Bumi Flobamora. Ini juga sekaligus meneruskan estafet organisasi dan kepemimpinan.

“Musyawarah wilayah Pemuda Muhammadiyah merupakan salah satu forum tertinggi tingkat wilayah yang sesuai agenda kerja dilaksanakan pada bulan Desember 2019, namun mengalami kendala teknis juga akibat pandemi Covid-19, sehingga pelaksanaannya mengalami penundaan, dan hari ini (Sabtu, 13/3, Red) dapat kita laksanakan secara online,” pungkasnya. (mg22)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top